Siap Prakerin, Siap Sukses

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Sebanyak + 25 siswa-siswi SMK Darunnajah Cipining bersiap berangkat melaksanakan salah satu program pendidikan berupa prakerin (Praktik kerja industri) yang dijadwalkan pada tanggal 12 Maret s.d. 12 April 2012. Kedua puluh lima siswa tersebut kini tengah duduk di kelas XI.

Namun, sebelum berangkat, mereka  mendapatkan bimbingan dan mentoring dari para guru pembimbing. Salah satunya dibawakan oleh Ustadz Muhammad Musta’in yang memberikan materi ‘Siap Prakerin, Siap Sukses’. Kegiatan dilaksanakan di gedung perkantoran kampus 2 Darunnajah Cipining pada hari Ahad, 11 Maret 2012.

Dalam narasinya, setelah membangkitkan interest para peserta bimbingan dengan beberapa intermezzo, Ustadz yang salah satu kegiatannya kini bergerak di bidang pelayanan haji plus dan umroh di Rahmatan Lil ‘Alamin PT Happy Prima, Mampang, memulai dengan memberikan pijakan filosofi bagaimana seharusnya bekerja itu.

Dengan mengutip 8 etos kerja dari Bapak Jansen Sinamo, satu per satu perihal bekerja diulasnya menggunakan layar power point. Kedelapan etos tersebut adalah:

  1. Kerja adalah rahmat; bekerja tulus penuh syukur
  2. Kerja adalah amanah; bekerja benar penuh tanggung jawab
  3. Kerja adalah panggilan; bekerja tuntas penuh intregitas
  4. Kerja adalah aktualisasi; bekerja keras penuh semangat
  5. Kerja adalah ibadah; bekerja serius penuh kecintaan
  6. Kerja adalah seni; bekerja cerdas penuh kreativitas
  7. Kerja adalah kehormatan; bekerja tekun penuh keunggulan
  8. Kerja adalah pelayanan; bekerja paripurna penuh kerendahan hati

Kemudiaan, secara langsung beberapa tips memasuki dunia kerja disisipkannya dalam cerita mengenai  pengalaman kerjanya. Beberapa tips dimaksud, diantaranya adalah bagaimana kemampuan seseorang berkomunikasi saat pertama kali berada pada komunitas barunya. Dari komunikasi itu, dilanjut dengan tahapan adaptasi. Kemampuan beradaptasi berarti kemampuan bersinergi dan membangun komunitas.

Tidak lupa, karena bekerja di tempat orang, maka segala permasalahan yang datang di luar kemampuan dan kewenangan  peserta prakerin, maka cara mensikapinya adalah melakukan komunikasi khusus, yaitu konsultasi. Kemampuan berkonsultasi inilah akan menjadi sebuah solusi.

Beberapa tips lainnya adalah tentang kesiapan diri baik mental maupun fisik. Seiring dengan jargon SMK Darunnajah Cipining, maka para siswa harus berjiwa relegius dan professional. Berdo’a, beribadah dan berprasangka baik diiringi dengan tingkat kedisiplinan dan keunggulan dalam bekerja. InsyaAllah, SMK bisa!!! (Wardan/Billah)

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Jelajah Lahan Wakaf Pesantren

Menyusuri lahan wakaf Pesantren dan berdoa bersama agar keberkahan selalu hadir bagi segala kegiatan Pendidikan dan pembangunan di Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 “Darunnajah Adalah

blank
Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Ujian lisan menguji mental santri

Tidak hanya sekedar menghafal pelajaran namun santri juga di tuntut agar dapat mempunyai mental untuk mengutarakan pendapat serta ilmunya agar kelak bisa di amalkan dan