Santri Darunnajah Tetap Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid 19
Menu

Santri Darunnajah Tetap Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid 19

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Sudah 2 bulan lebih para santri mengikuti kegiatan belajar dari rumah atau learn from home karena Pandemi Covid19.
Rasa senang bercampur sedih. Virus ini berdampak besar bagi banyak Pondok Pesantren di Indonesia, termasuk Pondok Pesantren Darunnajah. Dari segi pendidikan yang santri seharusnya belajar di rumah hanya dalam waktu 2 minggu, namun menjadi 2 bulan lebih.

Pemerintah meniadakan Ujian Nasional bagi santri kelas 3 dan kelas 6, serta ujian lisan dan ujian tulis dijadikan lewat daring. Begitu juga dengan Ujian Nihai kelas 6.

Sejumlah kegiatan diselenggarakan secara daring seperti Kultum Ramadan, Harakat Akhir Ramadan bagi santri kelas 5 TMI, Yudisium bagi kelas 5 dan kelas 6 TMI dan Khuthbatul Wada bagi kelas 6 TMI. Karena itu para santri berusaha semaksimal mungkin untuk dapat melaksanakan tugasnya sehari-hari.

Alhamdulillah guru telah memberikan santri tugas dan materi yang diulang kaji untuk ujian semesteran yang sudah selesai beberapa hari yang lalu. Virus ini adalah ujian kesabaran dari Allah Subhanahu Wa Taala kepada santri yang selalu menuntut ilmu.

Yang Biasanya mudah menuntut ilmu di kelas sekarang diberi ujian dengan mengadakan kelas daring lewat aplikasi zoom, yang biasanya bisa berjumpa dengan teman setiap hari sekarang hanya bisa video call via WhatsApp. Dan yang biasanya tiap-tiap hari ke masjid sekarang hanya bisa salat di rumah.

Dari Abu Yahya Suhaib bin Sinan Radhiyallahu anhu ia berkata: Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ، وَلَيْسَ ذَاكَ لِأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ  إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

Sungguh menakjubkan urusan seorang Mukmin. Sungguh semua urusannya adalah baik, dan yang demikian itu tidak dimiliki oleh siapa pun kecuali oleh orang Mukmin, yaitu jika ia mendapatkan kegembiraan ia bersyukur dan itu suatu kebaikan baginya. Dan jika ia mendapat kesusahan, ia bersabar dan itu pun suatu kebaikan baginya.

Semoga para santri bisa menjalani ujian ini dengan penuh kesabaran dan ketaatan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Amiin

Mumtaz Cikal Ramadhan, Santriwan Kelas 5 TMI Darunnajah

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Pesantren Darunnajah Susun Protokol Menjelang New Normal

Pondok Pesantren Darunnajah Pusat dan Cabang sedang menyusun protokol kesehatan menjelang New Normal. Seperti direncanakan, pemerintah melalui Kementerian Agama  akan membuka kembali rumah ibadah dan

blank
Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor

Cerita Menarik dibalik Bulis Lail?

Adalah program jaga keamanan pesantren pada malam hari. Kalau di masyarakat biasa disebut ronda malam. Biasanya pada hari-hari aktif tugas mulia ini diamanahkan kepada beberapa