7 Tips Belajar Online di Masa Pandemi Covid-19

7 Tips Belajar Online di Masa Pandemi Covid-19

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Loading...
Loading...

Belajar online merupakan pembelajaran yang dilakukan secara daring atau pun online, pembelajaran online biasanya dikerjakan di dalam rumah ataupun di luar sekolah, di masa-masa pandemi ini banyak sekolah yang melakukan aktivitas pembelajaran secara online yang berarti kegiatan pembelajaran tidak bisa dilakukan di sekolah.

Yang seperti kita ketahui bahwa bumi kita ini sedang terdampak wabah penyakit atau yang biasa disebut pandemi covid-19. Banyak sekolah-sekolah yang ditutup, walaupun sekolah-sekolah ditutup kegiatan belajar mengajar tetap dilakukan oleh guru-guru dan para muridnya dilakukan secara online/daring.

7 Tips Belajar Online di Masa Pandemi Covid-19
7 Tips Belajar Online di Masa Pandemi Covid-19

Adapun, 7 tips belajar online di masa pandemi covid-19, sebagai berikut;

  • 1. Mengatur Jadwal

Walaupun belajar dari rumah, pastikan kamu tetap mengatur jadwal dengan baik. Misalnya bangun pada pagi hari, menyegarkan diri dengan berolahraga, mandi pagi, sarapan dengan makanan yang bergizi dan kaya akan vitamin, lalu persiapan untuk belajar.

Rutinitas yang diatur dalam jadwal dapat memberikan sinyal pada otak “saatnya menyelesaikan pekerjaan”. Dengan begitu, otak kita dapat dengan cepat merespons hal-hal yang akan dilakukan.

  • 2. Buat Area Belajar

Adanya area belajar juga penting dalam melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Membuat batasan antara area belajar dan area santai agar tetap fokus belajar dan mengurangi tekanan saat berada di luar ruang belajar.

Loading...
  • 3. Menulis Catatan Untuk Kelas Online

Menulis catatan untuk kelas online dapat membantu kalian untuk fokus pada pembelajaran. Dengan begitu, tangan juga akan sibuk untuk menulis mata pelajaran yang sedang diajarkan.

  • 5. Luangkan Waktu Sosial

Cara belajar menyenangkan di rumah lainnya adalah memberikan waktu luang untuk kehidupan sosial. Kalian tidak perlu terus-terusan untuk fokus dalam belajar tetapi bisa juga meluangkan waktu untuk melakukan interaksi dengan orang tua, kakak, adik dan keluarga lainnya.

  • 6. Buat Rencana Belajar

Merencanakan pencapaian belajar untuk tiga hari ke depan atau seminggu kedepan. Atau kalian juga dapat mengerjakan tugas-tugas kecil juga menjadi tips belajar online agar tetap efektif. Kegiatan ini bahkan bisa dilakukan bersama teman-teman agar lebih menyenangkan.

  • 7. Makan dan Tidur Nyenyak

Hal terpenting agar kegiatan belajar tetap efektif dan menyenangkan adalah makan yang cukup dan tidur yang nyenyak. Pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi serta tidur yang cukup selama kurang lebih 7 – 8 jam sehari.

(DN.COM/persputri2021)

Loading...

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah