Tips Shalat Berjamaah di Masa Pandemi Covid-19

Tips Shalat Berjamaah di Masa Pandemi Covid-19

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Loading...
Loading...

Shalat adalah suatu kewajiban setiap umat muslim yang dikerjakan 5 waktu dalam sehari, diantaranya shalat shubuh, shalat dzuhur, shalat ashar, shalat maghrib, dan shalat isya. Shalat juga termasuk rukun islam yang kedua, yaitu shalat 5 waktu.

Adapun, shalat jamaah adalah shalat yang dikerjakan secara bersama-sama, yang mana jika seseorang mengerjakan shalat berjamaah akan mendapatkan dua kali lipat pahalanya.

Di masa-masa pandemi ini, shalat berjamaah adalah sesuatu yang mungkin susah untuk dilaksanakan, karena adanya wabah pandemi covid-19 ini. Yang berdampak kepada semua orang terutama umat muslim yang ingin melaksanakan ibadah mengalami kesulitan.

Sehingga masjid-masjid dan banyak tempat ibadah lainnya ditutup dan tidak mengadakan shalat berjama’ah di dalam masjid.

Tetapi ada juga beberapa masjid yang tetap buka di masa pandemi ini, walaupun ada beberapa hal yang harus diperhatikan disaat ingin melakukan shalat berjama’ah di masjid, seperti;

Loading...
  1. Memakai Masker
    Memakainya langsung saat keluar dari rumah sampai pulang kembali ke rumah masing-masing.
  2. Mencuci Tangan atau Membawa Hand Sanitizer
    Mencuci tangan di tempat-tempat yang telah disediakan, atau menggunakan hand sanitizer yang dibawa pribadi. Untuk menghilangkan bakteri yang menempel pada tangan.
  3. Membawa Sajadah Sendiri
    Untuk menghindari adanya kontak fisik dengan orang lain.
  4. Menjaga Jarak
    Menjaga jarak dengan orang lain yang ada di dekat kita terutama ketika sedang shalat berjama’ah di Masjid.
  5. Berdo’a
    Ikhtiar saja tidak cukup, berdo’a kepada Allah SWT untuk selalu diberikan kesehatan jasmani dan rohani dan selalu dalam lindungannya.
Tips Shalat Berjamaah di Masa Pandemi Covid-19
Shalat Berjama’ah Saat Masa Pandemi

Dengan begitu, seseorang dapat menajalankan ibadah atau pun shalat berjama’ah dengan nyaman tanpa rasa takut atau khawatir. Usaha itu yang bisa  dilakukan untuk mereka yang ingin menunaikan shalat berjama’ah di Masjid.

Walaupun sedang melakukan kewajiban kita sebagai umat muslim tetapi  juga harus selalu ingat untuk menjaga kesehatan tubuh untuk tetap sehat dan bisa melakukan rutinitas secara teratur.

Dan yang paling penting adalah kita harus tetap tenang dan percayakan semuanya kepada Allah SWT Yang Maha Kuasa dan Maha Penyelamat. Semoga hal-hal yang dilakukan untuk berjalan ke jalan Allah SWT semuannya akan baik-baik saja. Aamin yaa rabbal alamiin.

(DN.COM/persjurnalistik2021)

Loading...

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Info Lainnya