Santri Cilik Tempati Istana Baru

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Asrama Santri Cilik Tampak Depan
Asrama Santri Cilik Tampak Depan
Wardan [13/09/13]. Pesantren Darunnajah Cipining segera wujudkan impiannya untuk membangun asrama/gedung khusus lembaga pendidikan usia kanak-kanak (SD/MI) terpisah dengan asrama SLTP/SLTA.
Senin, 9 September 2013, sebanyak enam puluh dua santri cilik putra, didampingi para pembimbing berbondong segera tempati gedung baru, berdekatan dengan madrasah kampus dua tempat belajar mereka.
Sebelum gedung secara resmi dihuni santri cilik putra, alumni angkatan pertama (ALDACIPTA), tanggal 7 s.d. 8 September 2013 sudah mengawali singgah dan menginap.
Patut disyukuri bersama, sebab sejak berdiri, akhirnya pada tahun ini, genap usianya ke dua puluh lima tahun Pesantren Darunnajah Cipining, asrama khusus satri kanak-kanak terpisah dari santri dewasa sudah terwujud, walau masih sementara untuk putra.
Pencanangan perpindahan sudah disampaikan Pimpinan Pesantren pada pertemuan dengan pengurus, malam Rabu, 4 September 2013, dan disosialisasikan kembali melalui rapat rutin, Rabu siang yang dipimpin oleh H. Musthofa Zahir, putra ke dua sekaligus sebagai Kepala Biro SDM, dan Ketua STAI DNC.
Pada usia ke dua puluh lima pesantren, memang terjadi banyak gebrakan-gebrakan, inovasi-inovasi diluncurkan. Hampir berbarengan, tanggal 30 Juni 2013, Kampus 3 secara resmi dihuni santri putra (baru dan lama).
Seluruh santri putra eksodus ke asrama kampus tiga, tiga hari selepas santri tiba di pesantren, Pak Kiyai sosialisasikan program di masing-masing masjid asrama sebelum tunaikan solat jamaah.
Yang tadinya membaca al-qur’an, diganti dengan ma’surat. Hal ini dimaksudkan untuk mempersingkat waktu, juga membiasakan santri untuk rutin membaca ayat-ayat dimaksud.
Dengan terpisahnya asrama santri kanak-kanak harapannya adalah mendapat tempat kondusif, suasana pengasuhan dan pendidikannya terencana dan terarah, tidak tercampur dengan santri dewasa, sehingga untuk mengarahkan dan menjalankan program-program jauh lebih menunjang.
Dunia mereka tidak terkontaminasi dengan dunia masa dewasa, sehingga kualitas kependidikan dan kepengasuhan terjamin. Setahap demi setahap pesantren kanak-kanak akan tertata, ke depannya menjadi lebih berkembang dan maju, baik dari segi kuantitas peserta didik maupun kualitas pendidikan dan akhlaknya.
Untuk sementara, ke depan terus berbenah adalah mereka tinggal di gedung bawah, sementara gedung atas yang berdampingan persis, dijadikan sebagai tempat untuk ajang kreatifitas dan program-program mereka, seperti ; latihan berpidato, belajar, mengaji, kegiatan ketermpilan dan lain sebagainya.
Untuk memudahkan akses mereka ke ruang belajar/madrasah, biro rumah tangga sedang membuat jalan setapak dari beton, kurang lebih selebar antara 70 cm s.d. 100 cm.
Asrama Santri Cilik Tampak Belakang
Asrama Santri Cilik Tampak Belakang

Memang sarana dan prasarana asrama, belum rampung, belum seratus persen terpenuhi, namun seiring dengan waktu, kedepannya akan terus disempurnakan dan diperbaiki, sehingga tahun pelajaran mendatang sudah memenuhi kreteria standart.
Fasilitas-fasiltas yang dibutuhkan sudah ada, dengan demikian program-program akan berjalan dengan baik. Guru selaku pembimbing mudah dalam menjalankan rutinitas, santri juga bisa menjadi militan dan berkualitas.
Harapannya ke depan, syukur-syukur/mudah-mudahan asrama santri cilik, baik putra maupun putri sudah benar-benar murni terpisah dan menjadi sebuah lembaga, atau bahkan pesantren tersendiri.
Pesantren ini akan terwujud, bilamana seluruh yang terlibat (baik pengasuh, pendidik, pengelola, santri, guru, wali murid dan masyarakat) mendukung. Mudah-mudahan Darunnajah Cipining mampu membentuk generasi yang bisa dibanggakan, khususnya agama, orang tua dan bangsanya. [Mr. Song]
Ruang Dalam Asrama Santri Cilik
Ruang Dalam Asrama Santri Cilik

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Nasihat Untuk Guru Baru 2020

via IFTTT NASIHAT DAHSYAT PA KYAI UNTUK CALON ALUMNINasihat Syeikh Dr. Sa’ad bin Nashri As Syatsri untuk Santri[Celoteh Santri] Nasihat ketua JQ kepada anggotanya[Celoteh Santri]