Menu

Rasulullah saw Sebagai Uswatun Hasanah

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

rasulullah

Allah swt mengutus Rasulullah saw ke bumi dengan membawa misi utama yakni untuk menuntun umat manusia agar dalam jalan yang benar, apapun yang bersumber dari beliau baik itu yang disampaikan, ketetapan dan teladan yang dicontohkan merupakan sebuah sunnah. Dimana harus di ikuti oleh ummat manusia sebagai ukhwah yang sempurna.

Sebagai contoh, bila Rasulullah saw sebelum shalat berwudhu terlebih dahulu maka berwudhu sebelum shalat termasuk sunnah karena di contohkan oleh Rasulullah saw, namun bila suatu ibadah yang tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah itu merupakan ingkar sunnah dan tertolak.

Dapat disimpulkan bahwa semua ibadah harus bersumber dari Rasulullah saw, selain itu akan tertolak. Rasulullah saw bersabda, “Barang siapa yang membenci sunnahku, maka ia bukanlah termasuk umatku”. (HR Bukhari dan Muslim)

Kita tidak diperbolehkan mengikuti ajaran para nabi terdahulu kecuali Rasulullah saw mengerjakannya, sebagai contoh puasa daud yang meruapakan ajaran nabi Daud As karena Rasulullah saw mengerjakan puasa tersebut maka kita boleh menjalankannya. Begitu juga dengan ibadah qurban dimana pertama kali di lakukan oleh Nabi Ibrahim As karena Rasulullah saw mengerjakannya sehingga kita boleh mengerjakannya pula. Wallahu a’lam

Di kutip dari taklim ustadz Fathul Mukmin, S.Pd.I

Kamis, 01-09-2016 Masjid Kampus 2 Pesantren Darunnajah Cipining

(Wardan/Abs)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait