Bulan Ramadhan yang indah, tinggal 90 hari lagi akan sampai kepada kita. Ada banyak dari kita, yang sangat disayangkan tidak mengetahui akan keutamaan bulan ini. Bagi banyak orang, bulan Ramadhan hanya menjadi salah satu dari bulan-bulan dalam setahun. Tapi Demi Allah, kenyataannya bulan ini adalah berkah, ini adalah nikmat, ini adalah rahmat, ini adalah bulannya beribadah. Inilah bulan dimana jiwa dan hatimu telah menangis di sepanjang tahun, inilah bulannya.

Ramadhan -90Demi Allah, jika kita memberikan bulan ini sesuai haknya, jika kita bekerja keras di bulan ini, kita akan berubah dari pecundang menjadi pahlawan. Jika kita memberikan bulan ini hak nya, kita akan menggapai derajat orang-orang shaleh. Inilah bulan dimana pintu surga terbuka dan pintu neraka ditutup. Inilah bulan ampunan, inilah bulan penuh rahmat.

Tentu saja kita tidak ingin menyia-nyiakan bulan ini, bulan yang didalamnya Allah memberi di setiap malamnya, Allah SWT melihat umat ini dan Dia memilih orang-orang yang dikehendaki-Nya, dan Dia berfirman “KAU AKAN DISELAMATKAN DARI NERAKA”, “NERAKA TELAH DIHARAMKAN BAGIMU”. Inilah bulannya, bagi mereka yang ingin bekerja keras.

Sebuah analogi sederhana, ada sebuah Bank Lokal yang memanggil kita dan berkata “Datanglah kesini hai Fulan” dan mereka membawa kita ke tempat penyimpanan uang, dan mereka berkata “Kami akan membuka brankas raksasa kami sekarang. Kau telah dipilih. Silahkan masuk kedalam dan ambil sebanyak apapun uang yang kau mau, sebanyak apapun yang kau bisa bawa, ambil!. Kau punya waktu dua Jam, lakukan yang kau inginkan“.

Kita akan melihat sebagian dari pemuda akan bersiap untuk melakukan ini, “Dua jam? Aku hanya butuh setengah Jam“, benarkah? Tapi coba kita bayangkan bahwa Bank berkata “Kau punya waktu dua jam, lakukan semaumu.” Katakan sejujurnya dalam 2 jam tersebut, apakah kita akan memasukkan semua uang ke mobil, atau kita memasukkan uangnya ke truk?

Dalam 2 jam tersebut, ketika kita berada dalam brankas besar, apakah kita akan menjawab panggilan telpon? Apakah kita akan disibukkan dengan mengirim SMS, WhatsApp, dan mengupdate status di Facebook? Selfie didalam brankas dan Upload di Facebook? Apakah itu yang akan kita lakukan? Tidak. Dalam dua jam tersebut, apakah kita punya waktu untuk teman kita? Dalam dua jam ini, apakah kita punya waktu untuk tidur selama setengah jam disana? Tidak.

Kenapa hanya untuk dua jam dari materi duniawi, setiap orang kebanyakan memahami sepenuhnya, bahwa dalam dua jam ini “Tidak ada yang boleh bicara denganku!”, “Jangan undang aku dan aku tidak akan mengundangmu!“, “Jangan SMS aku karena aku tidak akan membalas SMS darimu!“, Dengan perumpamaan duniawi, kita mengerti nilainya. Bagaimana dengan ketika Allah SWT membertahu kita “Pada bulan ini, pintu surga dibuka!” Dan Dia berfirman padamu bahwa pintu neraka ditutup. Dimana kita akan menghabiskan waktu? Bulan ini sangat spesial. Lakukan usaha. Jangan sia-siakan bulan ini. Ketahuilah, bulan Ramadhan adalah berkah dari Allah SWT.

Beberapa tahun lalu ada seorang Muslim di suatu tempat, malam sebelum Ramadhan, tidak dikatakan ini 2 atau 3 malam, atau seminggu, persis malam sebelum Ramadhan dia kecelakaan mobil. Korbannya adalah dia, sepupunya dan seorang gadis dalam mobilnya. Malam sebelum Ramadhan, ALlah azza wa jalla mengambil nyawanya. Ramadhan datang sangat dekat, tapi dia menjadi begitu jauh. Jadi, kaum muslimin, JANGAN SIA-SIAKAN BULAN INI! 90 hari jelang Ramadhan, bersiaplah. [WARDAN/AbuAdara]