Ramadhan tahun ini memang terasa berbeda bagi santri kelas 5 TMI Darunnajah 2 Cipining, karena disaat santri yang lain melaksanakan Ramadhan dirumah dengan keluarga masing-masing sedangkan mereka melaksanakan Ramadhan sampai waktu Hari Raya tiba di pondok tercinta, tetapi hal itu tidak menyurutkan semangat santri-santri Kelas 5 TMI.

Kegiatan ini dinamakan Ihya’ Ramadhan (IHRAM), Alhamdulillah kegiatan ini sudah memasuki tahun ke 3, dimana kegiatan ini dilakasanakan oleh santri kelas 5 TMI Darunnajah 2 Cipining Bogor dari Hari Senin, 12 Juni 2017 sampai Hari Minggu, 25 Juni 2017

Setiap hari, dari pagi sampai malam kegiatan sudah tertera di jadwal, dengan adanya jadwal kegiatan, diharapkan peserta IHRAM melaksanakan kegiatan dengan teratur sesuai jadwal, jadwal sudah dibuatkan dan di musyawarahkan sebelum Ramadhan oleh panitia Ihya’ Ramadhan 2017.

Namun disisi lain mereka juga mendapatkan banyak ilmu tambahan dari narasumber-narasumber yang notabennya adalah guru-guru pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor, dan juga diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, menjaga dan merawat pesantren dan pastinya keseruan Buka Bersama dengan kawan seperjuangan, dengan adanya kegiatan seperti itu mereka pun tidak ada tampak rasa jenuh sedikitpun.

Selama kegiatan Ihya’ Ramadhan diadakan ujian tulis supaya mengetahui sejauh mana materi pelajaran yang sampaikan oleh narasumber yang dapat dipahami oleh peserta IHRAM yakni kelas 5 TMI. dan di adakan Sidang Yudisium bagi Kelas 5 TMI guna menentukan Naik kelas atau tidaknya ke tingkat berikutnya.

Setelah kegiatan Ihya’ Ramadhan berakhir, mereka akan disibukkan oleh kegiatan-kegiatan lain, seperti: Porseka 30th, Khutbathul Arsy’ Halal Bihalal dan lain-lain. (Wardan/Bim-bim)