{mosimage}Pendidikan entrepreneur sebaiknya dikenalkan kepada anak sejak usia sekolah dasar. Entrepreneur adalah soal jiwa dan mental. Walaupun modal uang ada, tapi kalau jiwanya bukan entrepreneur, dipastikan modalnya akan lenyap. Sebagian rezeki adanya di jalur perdagangan, mau kaya jadilah pengusaha.

 

Untuk mewujudkan hal tersebut, sebagai kegiatan tahunan kelas VI  SD Islam Darunnajah diadakan kegiatan berjualan di pasar yang berkaitan dengan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kegiatan ini dilakukan selama 4 hari dari tanggal 16-19 Maret 2009 di Pasar Bintaro dan Cipulir.

 

Dalam satu kelas dibagi menjadi 7 kelompok yang terdiri 4 anak, mereka berjualan barang jadi, terutama makanan dan minuman. Tanpa rasa malu para siswa menawarkan makanan dan minuman. " Es teh… es teh Bu… , teriakan Sofwa terdengar sangat keras ketika menawarkan di Pasar Cipulir. Dalam setiap harinya anak-anak di dampingi oleh 4 guru pendamping dan 1 satpam.

 

Setelah selesai setiap kelompok membuat laporan penjualan dan wawancara. Dari hasil penjualan tersebut keuntungan dibagi rata kelompok dan setiap kelompok menyisihkan keuntungannya untuk berinfaq. 

 

Berikut ada hal-hal penting dalam melatih anak kita agar memiliki jiwa entrepreneur:

1. Kalau anda seorang entrepreneur, kasih kesempatan untuk terlibat atau biarkan terlibat.

2. Ceritakan riwayat hidup anda dalam membangun usaha (storytelling). 

3. kalau anda bukan entrepreneur, tempuh cara lain, misalnya membuka wacana tentang wirausaha, mengembangkan bakat/hobinya sampai menghasilkan.

4. Latihlah untuk berfikir tentang tujuan dari setiap tindakan atau keputusan yang diambil.

5. Munculkan kesadaran untuk mengelola uang secara produktif, misalnya menabung atau anda memberi patokan setiap bulan lalu biarkan dia yang mengelola.

6. Jangan biarkan dia terlalu banyak waktu kosong. Berilah kegiatan yang bisa mendinamiskan jiwanya.

7. Dukung minat dan keputusannya untuk melakukan hal-hal yang dapat menumpuhkan jiwa entrepreneur.

 

Semoga sukses dan berhasil. Salam Sukses dan Mulia (sam, dn_qta)