Pondok Pesantren Merupakan Sarana Pendidikan Paling Mutakhir
Menu

Pondok Pesantren Merupakan Sarana Pendidikan Paling Mutakhir

Semangat Belajar Santri Darunnajah Jakarta Dalam Rangka Ujian Mid Semester 1

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Pendidikan adalah salah satu bidang penting! Bahkan termasuk dalam kebutuhan setiap orang. Mengapa tidak? Sekarang zaman sudah modern dimana semua serba canggih dan simple, semua pekerjaan kita dapat diselesaikan dengan cepat dan mudah.

Zaman modern didukung oleh kecanggihan teknologi membuat manusia praktis saat mengerjakan tugas, misalnya. Sekarang zaman sudah modern dimana semua serba canggih dan simple, semua pekerjaan kita dapat diselesaikan dengan cepat dan mudah.
Sayangnya kebaikan teknologi, akan mengalami kendala besar bilamana seseorang tidak memiliki pengetahuan dan kemampuan berteknologi. Semua itu tidak akan bisa dilakukan jika tidak berpendidikan dan mengetahui ilmunya. Salah satu alasan kenapa di Negara Indonesia kita ini ada program 9 Tahun Wajib Sekolah (SD/MI – SMP/MTs).

Betapa pentingnya pendidikan di Negara ini. Bagaimana jadinya bila penerus bangsa banyak yang tidak sekolah?

Tidak ada yang belajar, bahkan tidak ada yang bisa baca dan menulis. Tamat sudah Negara kita, akan mendapat julukan “Negeri Buta Huruf”.

Ada juga orang yang menyalahgunakan ilmu yang telah didapatkannya. Justru ini yang sangat disayangkan sekali. Kenapa? Mereka pintar, pendidikan tinggi, gelar berjejer sampai panjangnya mengalahkan nama panjangnya sendiri.

Ini yang salah. Ini yang harus diluruskan dan dibenarkan. Maka dari itu sangat perlu bahkan harus diutamakan pendidikan yang benar-benar nyata. Apa yang nyata? Nyata secara jasmani dan rohani, yang menyatu pada kesadaran diri.

Apa itu?

Apakah ada pendidikan semacam itu?

Apakah ada solusi untuk para problem maker yang telah mereka buat?

Jawabannya adalah :

ADA!!!

PONDOK PESANTREN PENDIDIKAN MUTAKHIR

Pondok Pesantren merupakan sarana pendidikan yang sangat mutakhir. Kenapa begitu? Memang apa bedanya dengan pendidikan yang ada di sekolah pada umumnya?

Jelas berbeda.

Pasalnya Pondok Pesantren bernuansa islami, dan memiliki system pendidikan yang tidak kalah hebat daya saingnya dengan sekolah bahkan lembaga-lembaga yang ada di seluruh dunia.

Orang-orang yang berada di dalamnya pun adalah orang-orang yang luar biasa. Mereka tidak pernah mengutamakan gelar dan pangkat dalam kesehariannya. Justru akhlak, keagamaan, ilmu pengetahuan, dan memberikan manfaat kepada yang lainnya menjadi acuan atau tujuan utama yang ada di Pondok Pesantren.

Dari awal mulanya berdiri sebuah Pondok Pesantren, para Pendiri, Kyai/Nyai, dan Ustadz/ah sudah banyak menanamkan jiwa-jiwa seorang pejuang. Berjuang dalam mencari ilmu karena Allah SWT. Ikhlas dalam melakukan hal apapun tanpa pamrih atau mengharapkan imbalan dan pujian. Mereka juga menumbuhkan rasa jujur, percaya diri dan tak lupa selalu bersyukur atas apa yang telah didapatkannya.

Betapa mulianya hati beliau semua. Apakah hal ini dapat ditemukan diluar sana? Apakah pendidikan seperti ini diajarkan diluar sana? Apakah ada pendidikan yang lebih ahsan (baik) dari system pendidikan di Pondok Pesantren?

99,99 % survey membuktikan, bahwasanya pendidikan di Pondok Pesantren merupakan system yang unggul dari system pendidikan lainnya. Bahkan patut untuk dicontoh oleh sekolah maupun lembaga pendidikan lainnya di Seluruh Indonesia.

Inilah salah satu bukti keunggulan system pendidikan yang ada di Pondok Pesantren. Tidak lain adalah untuk mencetak kader-kader atau generasi umat yang muttafaqih fiddin. Dan dapat menjadikan contoh yang baik untuk seluruh orang khususnya yang ada di lingkungan sekitarnya. Sehingga ilmu yang telah didapatkannya bermanfaat untuk yang lainnya.

Post : Cipanas 12/09/2017

By : Almas Khalishah Al-Batawi

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Rapat Koordinasi Musyrif Kamar Pengasuhan Santri

Ahad (09/08/2020) Biro Pengasuhan Santri melakukan rapat bersama dengan para musyrif kamar seluruh rayon untuk menyampaikan beberapa poin mengenai peran musyrif sebagai pembimbing kamar setiap

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Tadabbur Al Qur’an, Memetik makna hikmah yang sesungguhnya

يُؤْتِى ٱلْحِكْمَةَ مَن يَشَآءُ ۚ وَمَن يُؤْتَ ٱلْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِىَ خَيْرًا كَثِيرًا ۗ وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّآ أُو۟لُوا۟ ٱلْأَلْبَٰبِ “Allah menganugerahkan hikmah kepada siapa yang dikehendaki-Nya.