Wardan, [11/08/12]. Dalam rangka menyemarakkan dan melestarikan sunnah Rasulullah s.a.w. pada bulan suci Ramadhan Pesantren Darunnajah Cipining bekerjasama dengan Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) Jakarta mengadakan kegiatan buka puasa bersama di Pesantren Minhajul Falah Jasinga Bogor Jawa Barat.

Acara diselenggarakan pada hari Sabtu, 11 Agustus 2012 pukul 17.00 s.d. 18.30 WIB. Hadir dalam kegiatan sebanyak kurang lebih 800 orang, terdiri dari tokoh-tokoh masyarakat Parungsapi Jasinga, guru Pesantren Darunnajah Cipining, kaum dhuafa di sekitar Pesantren Minhajul Falah dan delegasi AMCF.

 

Buka puasa ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya, dengan donatur tetap dari Uni Emirat Arab Dubai sebagai penyumbang bangunan Masjid Minhajul Falah. Alhamdulillah saat ini sudah tahun ke empat sejak kali pertama diadakan tahun 1430 H./ 2009 M tepatnya pada hari Senin, 24 Ramadhan 1430 H./14 September 2009 M.

Mengawali semarak acara dengan membaca surah al-Fatihah, dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci al-Qur’an yang disusul sambutan-sambutan, tausiyah ramadhan dan diakhiri dengan do’a.

 

K.H. Hasan Basri sebagai tuan rumah, dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur tiada terhingga, jalinan sillaturrahmi ini tetap terjalin. Harapannya mudah-mudahan tetap berlanjut di masa-masa mendatang.

 

Beliau mewakili Pesantren Minhajul Falah dan juga masyarakat sekitar, ungkapkan terima kasih kepada Pesantren Darunnajah Cipining, Yayasan AMCF dan donatur atas terselenggaranya kegiatan.

 

Pada akhir sambutan, beliau mendoakan kepada seluruh pihak yang terkait dalam menyelenggarakan buka puasa mudah-mudahan diberikan umur panjang, kesehatan dan keberkahan.

 

Sambutan berikutnya dari AMCF disampaikan oleh Bapak Jamiluddin. Jabatan beliau Koordinator Pesantren Tahfizh Al-Qur’an dan Kegiatan Sosial (Administrative Coordinator for Qur’an Memorization School and Seasonal Charity).

 

Dengan paparan singkat dan padat, bahwa program semisal ini terdapat tiga tempat di Jasinga Bogor Jawa Barat, Banten dan Ciledug Tangerang Banten. Merupakan kegiatan rutin dengan donatur penyumbang masjid tempat terselenggaranya acara.

 

Menjelang berbuka puasa, dalam kesempatan sama, K.H. Jamhari Abdul Jalal, Lc selaku Pimpinan Pesantren Darunnajah Cipining menyampaikan tausiyah berkenaan khususnya pada sepuluh terakhir bulan Ramadhan.

 

Bagaimana upaya ummat muslim harus tekun dan bersungguh-sungguh dalam beribadah. Sehingga malam yang dijanjikan, dengan kebaikannya melebihi 1.000 bulan akan diraih.

 

Peluang tersebut tidak boleh disia-siakan, sebab belum tentu tahun-tahun mendatang bisa menemui ramadhan. Untuk itu, tidak perlu membeda-bedakan antara malam ganjil dan genap pada hari-hari bulan ramadhan. Anggapan kita malam ganjil, tidak tentu sama yang sudah ditetapkan oleh Allah.

 

Beliau juga ajarkan do’a yang mesti terus diperbanyak untuk dibaca :

أللهم إنك عفو كريم، تحب العفو فاعف عني ياكريم

 

 

Selain itu, kita diingatkan jangan lupa perbanyak saling memberi dalam bulan ini, sebab pemberian dengan keikhlasan akan menuai pahala sama dengan orang yang berpuasa tanpa mengurangi sedikitpun yang Allah berikan pada yang berpuasa.

 

Dengan budaya saling memberi, akan menumbuhkan rasa kasih sayang, empati saling menghargai dan menghormati sehingga terwujudlah hidup nyaman dan tenteram di dunia dan akhirat.

 

Secara garis besar beliau ungkapkan untuk memperbanyak amalan-amalan baik di bulan mulia ini. Karena manusia berkutat pada kehidupan duni kurang lebih 365 hari, maka seyogyanyalah sisihkan dan luangkan waktu satu bulan penuh untuk merapatkan diri kepada Allah.

 

Khususnya pada asyrul awâkhir, media I’tikaf merupakan media dakwah yang perlu dilestarikan sebagai ajaran Rasulullah untuk lebih mendekatkan diri kepada pencipta. Mengistirahatkan diri dari hiruk-pikuk urusan dunia.

 

Sebagai penutup tausiah, Bapak Kiyai mengajak seluruh hadirin untuk berdo’a semoga mendapatkan keberkahan dan donatur/wakif masjid Minhajul Falah  senantiasa dalam keadaan sehat, dimudahkan kehidupannya dan diterima amal sholehnya.

 

Pada penghujung acara Ustadz Abdur Rosyid menutup dengan do’a mudah-mudahan mendapatkan keberkahan, menuai pahala yang sebanding dengan malam seribu bulan serta keselematan kaum muslimin.

There are no photos with those IDs or post 44794 does not have any attached images!

Alhamdulillah acara yang dikomandoi Ustadz Syarifuddin ini berjalan dengan lancar. Harapannya dan tentunya harapan kita semua, mudah-mudahan program ini berjalan dan makin bertambah banyak di masa-masa mendatang. (Mr. Song)