Pesantren Annur Darunnajah 8 Ajak Santri dan Masyarakat Berzakat
Menu

Pesantren Annur Darunnajah 8 Ajak Santri dan Masyarakat Berzakat

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Salah satu kewajiban setiap muslim adalah mengeluarkan zakat yang termasuk salah satu dari lima rukun islam. Zakat mempunyai fungsi sebagai pembersih harta dan jiwa pemberinya.

Zakat ini begitu penting sehingga setiap muslim wajib mempelajari ilmunya. Maka dari itu dalam kesempatan kali ini, akan dibahas secara lengkap tentang syarat-syarat, jenis-jenis harta yang dizakatkan dan dalil-dalilnya.

Di dalam Al-quran banyak sekali ayat yang menyebutkan tentang wajibnya keutmaan dan wajibnya zakat. Seperti berikut ini:

dalil zakat

 

 

 

Yang artinya : “Jika mereka bertaubat, mendirikan sholat dan menunaikan zakat, maka (mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama. Dan Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi kaum yang mengetahui“ (QS. At-Taubah : 11).

Sedangkan hadis yang menerangkan tentang zakat adalah:

hadis tentang zakat1

 

 

Zakat Fitri merupakan pembersih bagi yang berpuasa dari hal-hal yang tidak bermanfaat dan kata-kata keji (yang dikerjakan waktu puasa), dan bantuan makanan untuk para fakir miskin”.(HR. Abu Daud).

Biasanya para santri ketika setiap akan datang bulan ramdhan, maka tidak hanya berpuasa tetapi menunaikan zakatnya dipesantren. Pembelajaran dan pendidikan pun tak lupa diberikan kepada santri senior, yaitu sebagai panitia penerima zakat. Tetapi khusus Ramadhan tahun ini, ditengah Pandemic Covid 19. Panitia pun hanya terdiri dari guru-guru yang berada dipesantren.

Oleh karena itu kami selaku panitia Zakat Menerima dan Menyalurkan zakat fitrah, mal, infaq, dan shadaqah. Hasil kemudian, akan disalurkan kepada masyarakat sekitar pondok yang berhak menerimanya

Contact Person;
(Ust. Kholis Wafidurrahman, S.Pd)
https://wa.me/6282261999815
(Usth. Mutiara Azzahra Abrar)
https://wa.me/6282122192460

Bank BJB
007 722 769 5001
A.n Pesantren Annur Darunnajah 8

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Pesantren Darunnajah Susun Protokol Menjelang New Normal

Pondok Pesantren Darunnajah Pusat dan Cabang sedang menyusun protokol kesehatan menjelang New Normal. Seperti direncanakan, pemerintah melalui Kementerian Agama  akan membuka kembali rumah ibadah dan

blank
Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor

Cerita Menarik dibalik Bulis Lail?

Adalah program jaga keamanan pesantren pada malam hari. Kalau di masyarakat biasa disebut ronda malam. Biasanya pada hari-hari aktif tugas mulia ini diamanahkan kepada beberapa