Tidak banyak yang tahu,atau juga banyak yang tidak menyadari dari sekian banyak orang tua,wali murid,guru di Indonesia ini bahwa peran disiplin adalah hal yang kecil namun diremehkan dan diacuhkan padahal bila kita cermati dengan baik serta seksama hal kecil itu jalan menuju sesuatu ke hal yang besar sebagai bukti nyata dari peristiwa ini ialah ketika anaknya mempunyai sekian macam masalah atau hambatan dengan orang yang disekelilingnya atau bahkan temannya ia tidak mampu menyelesaikan sendiri masalahnya dengan mencari solusi dari pemikirannya sendiri.

peran disiplin dalam mensukseskan peserta didik

Dilansir dari beberapa narasumber bahwasanya masalah itu bisa mendewasakan kita tiada kesuksesan tanpa hambatan karena pemimpin itu lahir dari proses waktu serta masa yang panjang nah,dalam artikel pada kali ini kita akan membahas apa saja sih kiat kiat seorang sebagai peserta didik demi memuluskan langkahnya ke gerbang kesuksesan kelak diwaktu muda tanpa menunggu dihari tua dengan berdisiplin mulai dari sekarang.

Berikut ini beberapa peran disiplin yang akan dihasilkan ketika seseorang menerapkan kedisplinan dalam hidupnya :

  1. Selalu Tepat waktu

Patutnya semangat kita sebagai peserta didik selalu peduli dengan waktu yang ada dan kita miliki karena guys sebagai yang mana kita tau dan sering kita dengar ,waktu itu lebih mahal daripada tumpukan kiloan emas coba bayangkan saja, seseorang yang mempunyai emas apakah ia akan mampu membeli waktu tentu tidak sedangkan seseorang yang mempunyai waktu akan dengan mudah membeli tumpukan jutaan kiloan emas karena banyaknya waktu yang akan ia pakai dalam meraihnya.

Memang kadang kala kita menemukan hambatan ketika akan megerjakan dua pekerjaan atau lebih namun mana dulu yang akan kita awali atau kita kerjakan terlebih dahulu nah jika kita dalam keadaan tersebut maka kita harus melakukan hal yang menurut kita perlu diprioritaskan.

Maka kuncinya dalam keadaan tertentu dan dimana kita berada harus selalu tepat waktu perlu bisa memperkirakan kapan kita akan datang disuatu tempat baik kekelas atau pun ketika berkumpulan di majlis ilmu.

selalu tepat waktu

  1. Mematuhi norma norma yang berada ditempat lingkungannya

Sikap seseorang yang terbiasa berdisiplin dia akan memilih dan memilah pekerjaan apa saja yang akan dikerjakan dia tidak sembrono tidak ceroboh tidak ada pekerjaan yang dilakukan sebelum iya memikirkan akibatnya, dampak buruk atau baik yang akan ditimbulkan dari pekerjaannya dan maslahat yang akan dihasilkan dari seseorang yang mematuhi norma apa saja yang telah ada didalam lingkungannya maka hidupnya akan tentram akan terhindar dari segala macam mara bahaya .

Dengan sikap semacam ini peserta didik akan mudah mendapatkan simpati dari kalangan orang banyak  dan penjagaan dari masyarakat, dan peran disiplin inilah bisa dengan jelas kita perhatikan bahwa kebaikan akan dibalas dengan kebaikan.

mematuhi norma yang berada dilingkungan sekitar

  1. Memantaskan diri ketika berpakaian

Ketika seseorang bisa memantaskan diri dengan cara berpakaian dengan rapih,bersih,dan tertata tentu semua akan menilai orang itu baik. Jadi kesimpulannya sebagai peserta didik yang baik perlu memulai semuanya dengan kebersihan karena sesuatu yang indah itu akan dicintai oleh allah swt, orang yang badan dan pakainnya bersih dan sehat akan jauh lebih disenangi daripada seseorang yang tidak peduli dengan kebersihan,kerapihan.

Nah, oleh karena itu  pakaian dan berbusana perlu menyesuaikan dengan keadaan dimana kita berada jangan sampai salah kaprah contohnya ketika bermain bola memakai pakaian olahraga jangan sampai ketika kita akan olahraga kita memakai sarung atau sebagainya yang kurang sedap bila dilihat.

berpakaian dengan rapih

  1. Menjadi tauladan dalam bergaul dan berteman

Dengan berdisiplin ini tentu menjadikan seseorang bisa membedakan mana yang haq (benar) dan mana bathil (salah) tidak hanya itu siswa atau siswipun baik kecil ataupun besar yang baik ,sopan,rajin akan menjadi uswatun hasanah atau teladan yang baik bagi yang lain sebagaimana dalam kata mutiara disebutkan orang yang berilmu itu besar walaupun dia kecil dan orang yang bodoh itu kecil walaupun dia besar.

Jadi dapat diartikan orang yang pintar, cerdas , walaupun dia kecil masih muda atau remaja seperti kita yang sedang menuntut ilmu ini akan diangkat derajatnya daripada seseorang yang sudah tua namun kosong ilmunya seperti peribahasa tong kosong nyaring bunyinya.

  1. Tidak egois

peran disiplin Inilah yang diharapkan dari seseorang terpelajar ia lebih mementingkan urusan orang lain daripada urusannya sendiri, karena perkataan ini memang sudah jelas adanya seperti yang tercantum dalam hadist nabi yang artinya yaitu barang siapa yang hendak dipermudah segala urusannya maka ia perlu mempermudah urusan orang lain.

Bersifat tidak egois seseorang akan disegani akan dicukupi oleh orang lain percayalah bahwa orang baik itu akan membawa keberkahan dimana saja ia berada.

tidak egois

  1. Peka dan terjalin kasih sayang

Memaknai peka memang tidak mudah kadang orang menganggapnya seperti seseorang yang perhatian dan identik dengan pria dan wanita padahal bila kenali dengan jauh peka disini ialah ia akan peduli akan meneliti akan memerhatikan lingkungan sekitarnya dan akan mecoba mencari solusi bila ada masalah dan mencari kebahagian kepada mereka yang sedang bersedih.

peka dengan lingkungan sekitar

  1. Terjalinnya komunikasi dengan baik

Setelah siswa atau anak didik berdisiplin menjadi tauladan bagi yang lain maka berkahnya iya akan mudah berinteraksi sosial dengan para masyrakat kegiatan atau pendapat yang  dia kemukakan akan direspon. karena masyarakat tau karena seseorang yang berdisiplin pasti memiliki rasa tanggung jawab penuh atas apa yang ia lakukan.

menjalin komunikasi dengan baik

  1. Membentuk karakter seseorang

Demikian pula bersyukurlah kita yang selalu berdisiplin dalam segala hal karena dari apa apa yang ia lakukan melalui tahap disiplin mampu membentuk karakternya dan ia pun siap dengan segala hal yang akan ia temui dimasa depannya.

menjadi karakter seseorang

menjadi karakter seseorang