Menu

Pengorbanan Tanpa Tanda Jasa Sang Guru-Guru Kita

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Guru (bahasa Sanskerta: गुरू yang berarti guru, tetapi arti secara harfiahnya adalah “berat”) adalah seorang pengajar suatu ilmu. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Guru juga berperan penting dalam mendidik generasi muda Indonesia, dari pendidikan formal maupun pendidikan karakter yang penting bagi pembentukan mental dan karakter yang penting bagi anak itu sendiri.

Bagi seorang guru mungkin mengajar adalah perbuatan yang tidak akan pernah terlupakan selama hidupnya, didalam mengajar kita akan diuji dengan keikhlasan,kemandirian,dan kedisiplinan kita selama mengajar para murid kita.

Di tengah moderinisasi dan mobilisasi yang tinggi tentu kita mengharapkan seorang guru yang dapat menjadi panutan kita di kelas maupun di dalam kelas, bukannya mendapatkan guru yang tidak layak untuk kita tiru di kehidupan sehari hari.

Pesantren merupakan jawaban tepat bagi kita yang menginginkan guru dambaan dengan keihlasan dan keuletan dalam mengajar, pondok pesantren memadukan catur pusat pendidikan,yaitu kyai sebagai sentral figure,asrama masjid sebagai tempat ibadah dan tempat belajar secara terpadu.hal ini dapat menjadikan santri dalam pengawasan dan pembinaan totalitas 24 jam penuh.

Pesantren dapat membangun jiwa karakter generasi muda menumbuhkan ketahanan pribadi santri.dalam pesantren kita membangun jiwa mandiri santri,karenakehidupan pesantren memaksa para santri untuk lebih self-help.

Terlebih guru yang mengajar di pesantren bukan hanya saja yang mengajar kita di kelas namun juga ikut terlibat dalam berbagai pergerakan santrinya.

Gurupun dibekali dengan panca jiwa,bina,jangka,dan dharma yang menambah kelebihan seorang guru yang ada di pesantren, kita mungkin tidak bisa membalas betapa besarnya jasa guru yang telah membina dan membekali kita dengan berbagai ilmu yang tidak kita ketahui sebelumnya.

Yang bisa kita lakukan hanya belajar dan berusaha sebaik mungkin agar kita dapat menjadi kebanggan bagi guru kita.

(Santri Tv/Rafi)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Alumni Darunnajah Lanjutkan Studi di IIUI Pakistan

Saat ini sudah sangat banyak alumni Pesantren Darunnajah yang melanjutkan pendidikannya di seluruh penjuru dunia dan salah satunya di Pakistan. Kali ini kita akan menceritakan,

Pondok Pesantren Putri Al-Manshur Darunnajah 3 Serang Banten

Praktek Manasik Haji

Serang, (18/02/20) seluruh santriwati kelas 3 Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah melaksanakan kegiatan Praktek Manasik Haji. Kegiatan Praktek Manasik Haji adalah salah satu materi dalam