Sebagai salah satu lembaga pendidikan modern, pesantren memiliki peran strategis guna menjadi sarana untuk meningkatkan prestasi serta potensi para pelajar termasuk dalam bidang kepramukaan. Dalam perjalanan historisnya, pesantren memiliki keunikan dan banyak potensi. Pesantren darunnajah cipining yang berdiri sejak tahun 1988 di Kabupaten Bogor merupakan salah satu dari 17000 pesantren di seluruh Indonesia yang memilki konsen terhadap pembangunan masyarakat melalui konsep pendidikan islami.

Senin (16/09/13) pesantren darunnajah cipining kedatangan tamu istimewa tepatnya beberapa Ustadz dan Ustadzah Darunnajah 1 untuk mengadakan rapat koordinasi kegiatan KMD (Kursus Mahir Dasar) 2013 yang akan mengakumulasikan berbagai perserta KMD dari berbagai Cabang Pesantren Darunnajah sendiri.

Rapat bertepatan di ruang Sekretariat Pesantren darunnajah, yang dihadiri langsung oleh Pimpinan Pesantren Darunnajah Cipining yakni KH. Jamhari Abdul Jalal Lc, Ka. Majlis Pembimbing Gerakan Pramuka yakni Ust. Syaiful Hadi S.Pd.I., MT dan segenap panitia KMD yang terdiri dari beberapa Ustadz dan Ustadzah Darunnajah Cipining.

Mengingat KMD (Kursus Mahir Dasar) merupakan kegiatan wajib yang akan di sandang oleh santri kelas XI MA, maka dari itu pesantren terus memfasilitasi para santri dengan mengadakan kegiatan KMD (Kursus Mahir Dasar) gabungan yang mengikutsertakan dari berbagai cabang Pesantren Darunnajah. Bumi perkemahan akan di laksanakan di Lap. Kampus 2 untuk Andika Putra dan Lapangan Kampus 1 untuk Andika Putri. Rencanya Kegiatan akan berlangsung selama enam hari terhitung sejak tanggal 20 Oktober – 25 Oktober 2013.

Tujuan di selenggarakan kegiatan ini adalah mempererat tali sulaturahmi sesama santri khususnya dalam kalangan pesantren, meningkatkan kualitas keimanan kepada Allah SWT, membina, mendidik, meningkatkan kreatifitas, memperluas wawasan, serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam hal kepramukaan.

Harapannya, “Gerakan Pramuka sebagai wadah pilihan utama dan solusi handal masalah-masalah kaum muda”

Misi Kegiatan Pramuka adalah:

1. Mempramukakan kaum muda

Yang dimaksud dengan mempramukakan tidak berarti bahwa seluruh kaum muda itu dimasukkan sebagai anggota Gerakan Pramuka tetapi lebih pada tataran jiwa dan prilaku kaum muda yang sesuai dengan pramuka sebagai bagian dari masyarakat indonesia.

2. Membina anggota yang berjiwa dan berwatak Pramuka, berlandaskan iman dan taqwa (Imtaq) serta selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).

Bahwa semua sendi program pendidikan yang dilaksanakan Gerakan Pramuka harus dilandaskan pada Iman dan taqwa dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga apapun yang dilakukan perlu mengikuti perkembangan yang disesuaikan dengan kebutuhan pada eranya.

3. Membentuk kader bangsa patriot pembangunan yang memiliki jiwa bela negara

Gerakan pramuka memiliki salah satu tugas yakni menyiapkan kader bangsa sehingga diperlukan adanya pendidikan yang khusus. Untuk itu, karena disadari bahwa perlunya pendidikan bela negara sebagai bagian dari kebutuhan bangsa dan negara.

4. Menggerakkan anggota dan organisasi Gerakan Pramuka agar peduli dan tanggap terhadap masalah-masalah kemasyarakatan.

Semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar dan sukses agar tercetaklah generasi bangsa yang sarat akan ilmu dan pengetahuan serta wawasan yang luas. Amin

(WARDAN/Annisa)