Menu

Pembekalan PDPM Mantapkan Persiapan Santri Kelas XII MA

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Alhamdulillah setelah santri kelas akhir/Nihai’e usai melewati rangkain ujian baik UN (Ujian Nasional) maupun Ujian Nihai’e kini para santri kembali disibukkan dengan kegiatan penutup sekaligus wajib yang harus diikuti oleh kelas akhir yakni PDPM (Praktik Dakwah dan Pengembangan Masyarakat).

Kegiatan ini memakan waktu selama 10 hari, teknisinya seluruh santri kelas akhir akan diterjunkan langsung di salah satu rumah masyarakat yang sudah di tentukan oleh pihak panitia. Menurut informasi panitia bahwasannya pusat kegiatan PDPM kali ini berada di lingkupan Kab. Bogor. Adapun jumlah peserta PDPM kali ini mencapai 105 santri Pa & Pi yang menghasilkan 11 kelompok.

Sebelum diterjunkan untuk belajar bermasyarakat secara langsung, para santri diberikan simulasi dan berbagai pembekalan materi guna mempermudah dan memperlancar kegiatan mereka nanti. Maka dari itu tepat pada tanggal 26 April 2014 – 28 April 2014 pesantren adakan kegiatan Pembekalan PDPM 2014 yang bertempatkan di Aula Asrama Kampus 3 Pa.

Acara diawali dengan Pembukaan Agenda Pembekalan PDPM 2014, kali ini acara dibawakan langsung oleh saudara Tegar Wahyu Saputra santriwan kelas XII MA. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan. Sambutan pertama disampaikan langsung oleh Kepala Biro Dakwah dan Humas yakni Ust. Katena Putu Ghandi, S.Pd.I, setelah itu sambutan dilanjutkan  oleh Kepala MA Darunnajah Cipining yakni Ust. Musthafa Kamal, S.Pd.I, M.Ag dan disusul dengan Pengarahan Tata Tertib Peserta Pembekalan PDPM yang dibacakan oleh Ust. Husnul Mubarok S.Pd selaku Ketua Panitia PDPM 2014.

Materi pertama yang disampaikan adalah tentang Menyikapi Khilafiyyah di Masyarakat yang disampaikan langsung oleh Pimpinan Pesantren Darunnajah Cipining yakni K.H. Jamhari Abdul Jalal Lc. Setiap materi usai para peserta pun diberikan waktu untuk dapat menanyakan berbagai hal pertanyaan.

Adapun materi lainnya  yang disampaikan dalam kegiatan tersebut adalah: Bimbingan dan Latihan Penulisan Laporan oleh Ust. Nurrochim S.Pd.I, Strategi Pengajaran di SD/MI dan BCM oleh Ust. Nurfathoni S.H.I, Menjadi Pramuka yang Handal oleh Ust. Saeful Hadi Scada, Mengenal Lebih Dekat Masyarakat Sunda oleh Sohibul Bait PDPM, Kiat Sukses dalam Aneka Kegiatan PDPM oleh Ust. Mukhlisin Ibnu Muhtarom S.H.I, Pengarahan dan Pelaksanaan Latihan Operasional oleh segenap Panitia.

Tak hanya itu, sebelum mengikuti pembekalan yang dimotori langsung oleh segenap panitia, para peserta pun diberikan tugas untuk dapat mempelajari sekaligus menyetorkan/ praktik beberapa item penting yang telah ditentukan oleh panitia kepada pembimbing masing-masing kelompok diantaranya: wawasan tentang adab-adab harian, Khitobah, Adzan, Imamah, Tahlil, Keputrian, Qiroatul Qur’an, Wirid dan Doa-doa. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan hal-hal yang di butuhkan di khalayak masyarakat nantinya.

Disamping itu di dalam agenda finishing pembekalan PDPM para santri akan terjun langsung untuk Latop (Latihan Operasional) belajar bersilaturahmi kepada Para Ustadz yang telah ditentukan. Setiap kelompok akan mendapatkan nilai dari hasil Latop tersebut yang akan diberikan oleh para Ustadz yang telah ditugaskan baik dalam hal menyampaikan tujuan kegiatan, tatakrama, adab bersilaturahmi dsb. Hal ini bertujuan agar para santri berlatih uji mental ataupun mengasah kemampuan berbicara dalam hal berinteraksi.

Semoga dengan diadakannya kegiatan pembekalan tersebut dapat membantu para santri dalam bersosialisasi di masyarakat nanti. Selain itu mampu menjadi wadah edukatif dalam menggali pengalaman dan ilmu yang bermanfaat bagi para peserta. Amin!

 (WARDAN/Annisa)

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Manasik Haji Nurul Ilmi Darunnajah 14

Serang- Haji merupakan salah satu rukun iman yang ke lima. Ibadah yang dilakukan oleh umat muslim apabila ia mampu. Mampu secara jasmana, rohani dan materi.