pmbrankatan-pdpm

Taujihat wal irsyadat oleh Pimpinan Pesantren, K.H. Jamhari Abdul Jalal L.c

pdpm

Santri Darunnajah Siap Berdakwah

Kembali menggaung pekikan takbir, yel-yel kelompok diawal upacara pelepasan santri militan untuk berdakwah di tengah-tengah masyarakat. Kalau 26 Desember silam di lapangan kampus I Darunnajah sebagai saksi pelepasan santri kelas I sampai kelas V TMI bersafari dakwah. Hari ini, Senin (12/1), giliran kelas akhir (Niha’i) kelas VI TMI dan XII MA Darunnajah merealisasikan program Dakwah dan Humas untuk mengabdikan diri di masyarakat. Dengan mengusung program Praktek Dakwah dan Pengembangan Masyarakat, disingkat dengan PDPM. Praktek dakwah ini tidak jauh berbeda dengan safari dakwah yang dilaksanakan tiga pekan silam. Yang membedakan adalah waktu, materi dan kegiatan yang lebih komplek serta terorganisir dengan lebih baik. Hal ini disebabkan waktu yang lebih lama, 10 hari, dan dilaksanakan dengan peserta kelas tertinggi di pesantren. PDPM lebih ditopang dengan kontroling yang lebih maksimal, terlebih dengan agenda yang terjadwal dengan rapi.

Disaat upacara pelepasan, Drs. Abdul Rosyid Sholeh selaku kepala sekolah MA Darunnajah berpesan kepada peserta PDPM. ”Anak-anak dalam program PDPM ini, kalian mengemban misi pesantren, pesantren yang kita cintai ini, pesantren Darunnajah. Leburkanlah diri kalian dengan masyarakat, beradaptasilah, bersosialisasilah dan berdakwalah dengan mengajak kearah kebaikan.” Tutur beliau ditengah-tengah sambutannya.

Taujihat wal irsyadat oleh Pimpinan Pesantren, K.H. Jamhari Abdul Jalal L.c., membuka cakrawala peserta untuk menyusun strategi dakwah dimasyarakat yang heterogen. ”Silaturohim kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, pihak terkait adalah pembuka pintu dakwah kalian, dukungan dari mereka merupakan sokongan yang kuat untuk berkiprah disana.” Ulas K.H.Jamhari.

Dengan berakhirnya pembacaan tata tertib PDPM, oleh Ustadz Nasihun Sugik S.E. selaku ketua panitia, maka dinyatakan peserta PDPM siap diberangkatkan. Dengan transportasi yang disiapkan oleh panitia, 14 kelompok peserta PDPM meluncur menuju 6 desa yang ditentukan, yakni Desa Pamagersari, Desa Jasinga, Desa Parakan Muncang, Desa Cibatok 1, Desa Cibatok 2, Desa Leuweung Kolot, dan Desa Giri Mulya.