Novel Coronavirus Covid-19 dan Cara Pencegahannya
Menu

Novel Coronavirus Covid-19 dan Cara Pencegahannya

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Coronavirus novel (nCoV) adalah jenis baru yang belum diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Virus yang menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS-CoV) dan Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS-CoV). Virus corona adalah zoonosis, artinya ditularkan antara hewan dan manusia. Beberapa coronavirus yang dikenal beredar pada hewan yang belum menginfeksi manusia. Tanda-tanda umum infeksi termasuk gejala pernapasan, demam, batuk, sesak napas dan kesulitan bernafas. Pada kasus yang lebih parah, infeksi dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, dan bahkan kematian.

Cara Pencegahannya ;

Coronavirus - Mencuci Tangan
Coronavirus – Mencuci Tangan

– Mencuci Tangan

Mencuci tangan sesering mungkin. Secara teratur dan menyeluruh bersihkan tangan dengan gosok berbasis alkohol atau cuci dengan sabun dan air. Karena dengan begitu adalah cara efektif membunuh virus yang mungkin ada di tangan.
Coronavirus - Jaga Jarak
Coronavirus – Jaga Jarak

– Jaga Jarak

Jaga jarak aman dengan siapa saja yang sedang batuk atau bersin minimal 1 meter atau 3 langkah kaki. Karena ketika seseorang batuk atau bersin, mereka menyemprotkan tetesan cairan kecil dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus. Dan jika jarak kita terlalu dekat, kita bisa menghirup tetesan air, termasuk virus COVID-19 jika orang tersebut menderita batuk.
Coronavirus - Hindari Menyentuh Mata, Hidung dan Mulut
Coronavirus – Hindari Menyentuh Mata, Hidung dan Mulut

– Hindari Menyentuh Mata, Hidung dan Mulut

Tangan merupakan panca indra yang sering kita gunakan untuk melakukan sesuatu, menyentuh banyak permukaan dan dapat mengambil virus. Tanpa kita sadari setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut. Dari sana, virus bisa masuk ke tubuh dan bisa membuat sakit.
Coronavirus - Menjaga Kebersihan
Coronavirus – Menjaga Kebersihan

– Menjaga Kebersihan

Pastikan kebersihan diri kita, dan orang-orang disekitar kita. Menutupi mulut dan hidung dengan siku atau jaringan yang tertekuk saat batuk atau bersin. Kemudian segera buang tisu bekas yang telah digunakan.
Coronavirus - Menjaga Kesehatan
Coronavirus – Menjaga Kesehatan

– Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan dan stamina tubuh itu sangat penting. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, vitamin, memperbanyak minum air putih, istirahat yang cukup dan berolah raga. Jika mengalami demam, batuk, dan kesulitan bernapas, cari bantuan medis langsung atau hubungi terlebih dahulu. Tetap berada di rumah jika merasa tidak sehat. Ikuti arahan otoritas kesehatan setempat. (DN.COM/almas_khalishah)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Menghadapi Ujian Dari Allah dengan Kesabaran

Manusia adalah makhluk sempurna yang diciptakan allah dari makhluk yang lain. Mengapa demikian? Karena manusia adalah makhluk istimewa yang allah beri akal dan jasad yang

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Menyibukkan Diri Untuk Mengingat Allah Dengan Berdo’a

Kita sering kali susah payah menggapai hasil yang kita cita-citakan. Tak peduli siang maupun malam mengeluarkan keringat untuk menggapainya. Entah perihal akademik, bisnis atau bidang