Yuk, Simak! 6 Tips Melindungi Diri Dari Coronavirus (COVID-19)
Menu

Yuk, Simak! 6 Tips Melindungi Diri Dari Coronavirus (COVID-19)

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Coronavirus (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh sebuah virus yang baru ditemukan. Virus COVID-19 menyebar terutama melalui tetesan air liur.

Atau keluar dari hidung ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, jadi penting bagi kita semua berlatih etiket pernapasan (misalnya,ketika batuk tutup dengan siku yang tertekuk).

Sebagian besar orang yang terinfeksi virus COVID-19 akan mengalami penyakit pernapasan ringan hingga sedang dan sembuh tanpa memerlukan perawatan khusus.

Orang yang lebih tua, dan mereka yang memiliki masalah medis mendasar seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, penyakit pernapasan kronis, dan kanker lebih mungkin mengembangkan penyakit serius.

Yuk, Simak! 6 Tips Melindungi Diri Dari Coronavirus (COVID-19)
Yuk, Simak! 6 Tips Melindungi Diri Dari Coronavirus (COVID-19)

Berikut 6 Tips Melindungi Diri Dari Coronavirus (COVID-19);

1. Mencuci Tangan Sesering Mungkin

Cuci lah tangan secara teratur dan menyeluruh dengan menggunakan air dan sabun atau usap kedua tangan dengan hand sanitizer.

Kenapa?

Karena mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan hand sanitizer dapat membunuh virus yang mungkin ada di tangan kita.

2. Menjaga Jarak (Social Distancing)

Menjaga jarak atau pemtasan sosial merupakan salah satu  tindakan pengendalian infeksi nonfarmasi untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran virus yang menular.

Pertahankan jarak setidaknya 1 meter (3 kaki) antara diri kita sendiri dan siapa saja yang batuk atau bersin.

Kenapa?

Karena ketika seseorang batuk atau bersin, mereka menyemprotkan tetesan cairan kecil dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus.

Jika kita terlalu dekat, kita bisa menghirup tetesan air, termasuk virus COVID-19 jika orang tersebut menderita batuk.

3. Hindari Menyentuh Mata, Hidung dan Mulut

Kenapa?

Karena tangan menyentuh banyak permukaan dan virus dapat dengan mudah menempel. Setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut a. Dari sana, virus bisa masuk ke tubuh dan bisa membuat terkena penyakit.

4. Konsumsi Vitamin

Mengkonsumsi vitamin itu sangat penting. Vitamin memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, terutama untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit.

5. Banyak Minum Air

Sering-sering minum air putih/air mineral untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh. Kekurangan cairan dapat membuat seseorang mudah terkena penyakit seperti dehidrasi dan lainnya.

6. #Dirumahaja (Stay at Home)

Yang terpenting adalah menjaga diri dan orang lain agar tidak menularkan atau tertularkan virus. #Dirumahaja adalah salah satu solusi penting untuk mencegah dan menghambat coronavirus.

Work From Home (WFH), belajar dan kuliah juga di rumah.

Saat ini, tidak ada vaksin atau perawatan khusus untuk COVID-19. Namun, ada banyak uji klinis yang sedang berlangsung mengevaluasi perawatan potensial.

World Health Organization (WHO) akan terus memberikan informasi terbaru segera setelah temuan klinis tersedia.

(DN.COM/almas_khalishah)

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Pengumuman Kenaikan Kelas Annur Darunnajah 8 Cidokom TA 2019-2020

PENGUMUMAN KENAIKAN KELAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020 BISMILLAHRRAHMANIRRAHIM SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR TMI ANNUR DARUNNAJAH 8 CIDOKOM Nomor: 74/TMI-DN8/V/2020 HASIL UJIAN AKUMULATIF SELAMA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 PONDOK PESANTREN