Pondok Pesantren modern adalah lembaga pendidikan yang banyak dicari oleh para orang tua untuk kelanjutan pendidikan karakter anak – anak mereka pada saat ini, pada umumnya pondok pesantren yang dulunya terkenal dengan pendidikan mengaji dan mempelajari kitab – kitab kuning yang menjadi dasar kurikulum pendidikannya pada masa itu.

Pada zaman sekrang ini banyak bermunculan pola pendidikan pesantren yang lebih luas dalam lingkungan pendidikan karakter yang menjadi kurikulum unggulannya, ini merupakan upaya serius para pimpinan pesantren untuk menunjukan kepada masyarakat luas bahwasannya pondok pesantren bukan hanya alternatif ketika tidak diterima di sekolah Negri, namun menunjukan pesantren menjadi sekolah unggulan yang diminati oleh para pelajar khusunya, baik dari segi kreatifitas dan kualtias keilmuan.

Pendidikan Karakter Darunnajah

Ditengah kebingungan pemerintah untuk merumuskan kurikulum pendidikan berupa karakter di kalangan sekolah Negri, para pendiri pesantren sudah menerapkan pendidikan karakter tersebut kepada para peserta didiknya, maka tidak diragukan lagi lulusan pondok pesantren sudah bisa diandalkan dalam banyak hal dalam kehidupan di masyarakat. Karena selama mereka berada dilingkungan pondok pesantren sudah diajarkan pendidikan yang menyiapkan bekal untuk hidup di masyarakat nanti.

Melalui organisasi dan kegiatan ekstrakurikuler yang mereka ikuti di lingkungan pesantren merupakan pendidikan secara langsung yang mereka rasakan, seperti yang dilakukan oleh Pondok Pesantren putri AL – Hasanah Darunnajah 9 Pamulang, pondok yang merupakan cabang dari Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta ini menerapkan sistem pendidikan selama 24 jam yang mendidik karakter dan akhlak santri selama berada di asrama.

Vidio kegiatan di Pondok Pesantren Putri Al – Hasanah Darunnajah 9 Pamulang

Sistem pendidikan selama 24 jam ini memudahkan para pengasuh pesanten untuk menerapkan pendidikan karakter kepada para santri, diantara kegiatan yang dilakukan santri yang sangat berkesan bagi masyarakat adalah praktek pengabdian masyarakat yang sering juga disebut dengan istilah ( PPM ).

Kegiatan ini merupakan kegiatan bagi kelas akhir yang sudah rutin dilakukan oleh para santri pondok Pesantren putri Al – Hasanah Darunnajah 9 Pamulang, selama 10 hari mereka berada di lingkungan masyarakat, bermacam – macam kegiatan mereka lakukan selama berada di masyarakat, kegiatan ke Agamaan, kegiatan gotong royong dan kegiatan lain – lain yang melibatkan masarakat pada tempat yang mereka tempati.

Ini adalah salah satu bukti keberhasilan para pengasuh pesantren dalam mendidik karakter para santrinya sehingga di usia mereka yang masih duduk di bangku SMA sudah bisa terjun langsung di masyarakat luas, untuk bergaul dan memberikan ilmu kepada mereka.