Menu

Nikmatnya Makanan Santri

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Apasih yang menjadi makanan favorit santri ? lauknya santri waktu jam makan ? Mari Kita perkenalkan!
Sebelumnya kalian tau, apa itu tempe ? dikalangan anak santri sudah tidak asing lagi makanan yang satu ini , bersumber dari kacang kedelai yang di fermentasi kan menggunakan ragi/laru selama satu malam. Selain rasanya yang nikmat dan lezat, dengan beragam cara memasak yanng di padukan dengan bermacam-macam bahan masakan rempah rempah. Ada lagi keunikan dari tempe ? yakni manfaat nya. Yuk kita ketahui manfaat nya.

1. Menguakan Tulang dan Gigi.
Dalam 1 cangkir tempe sudah cukup untuk memenuhi 16% jumlah kalsium harian yang direkomendasikan sekaligus memberi vitamin K cukup bagi tubuh. Kombinasi mineral dan vitamin ini sangat baik untuk memperbaiki tulang yang rapuh, menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat dan padat sekaligus menjaga kesehatan gigi secara menyeluruh.

2. Mengurangi Kram Otot.
Kalium dan magnesium yang ada dalam tempe membantu dalam mengurangi kram otot, ketegangan dan juga mengatasi lelah otot. Tempe juga akan memperbaiki sirkulasi sekaligus membantu proses pemulihan otot lebih cepat khususnya sesudah berolahraga serta menyehatkan otot dan saraf secara menyeluruh.

3. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah.
Tempe menjadi sumber zat besi yang tinggi sehingga baik untuk meningkatkan jumlah sel darah merah sekaligus meningkatkan jumlah oksigen di dalam tubuh. Dalam 1 cangkir tempe sudah dapat memenuhi 25% kebutuhan zat besi harian sehingga menjadikan tempe menjadi makanan sumber mineral sehat tertinggi di dunia.

4.Membangun Jaringan Otot.
Dalam 1 cangkir tempe mengandung 31 gram protein nabati murni yang menjadi suplemen terbaik untuk memperbaiki dan membangun jaringan otot namun tidak mengandung kolesterol sama sekali sehingga sangat baik dikonsumsi sebagai pengganti daging untuk mengembangkan jaringan otot para penggemar olahraga

5.Menjaga Sistem Pencernaan.
Tempe yang merupakan sumber makanan nabati fermentasi ini memiliki kandungan probiotik tinggi yang sangat baik untuk menjaga keseimbangan usus dan saluran pencernaan. Tempe sangat baik dalam mencegah pertumbuhan candida terlalu berlebih, solusi diare sekaligus membunuh bakteri berbahaya yang ada di dalam usus.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol.
Serat tinggi yang ada di dalam tempe serta mengandung isoflavin dan vitamin B3 tinggi ini sangat dibutuhkan tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Dalam sebuah studi membuktikan jika mengkonsumsi tempe beberapa kali dalam seminggu sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau ldl dan secara signifikan memulihkan keseimbangan dan mengurangi risiko penyakit jantung.
Jadi tidak rugi memakan makanan yang satu ini,selain harga yang bergitu ekonomis , juga akan kaya manfaatnya.

(Adm-Dn12 Mila Amalia)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Hidden Curriculum Sistem Muallimin (TMI) Darunnajah

Sebagai lembaga pendidikan pesantren berbasis sistem Muallimin, pemahaman sepenuhnya akan kelebihan kurikulum TMI (Tarbiyatul Muallimin/Muallimat Al Islamiyah) yang menjadi core curriculum dari pendidikan pondok harus