Menu

Niatkan Semua Perbuatan Kita Hanya Karena Allah

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Tulisan ini adalah transkrip dari ceramah yang disampaikan oleh KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc di Pondok Pesantren Darunnajah Cipining Bogor Jawa Barat. Dengan tema “Niatkan Semua Perbuatan Kita Hanya Karena Allah”

Di dalam melakukan perbuatan apapun, ucapkanlah, ‘Bismillah.’ Misalnya kita menyapu di rumah yang kotor. Dapat pahala kalau diniati untuk beribadah. Itu dia perbedaan antara orang yang mengaji dan orang yang tidak mengaji. Orang yang tidak mengaji tidak mengerti. “Capek menyapu, bu. Beresin ini, mengepel, macam-macam. Tapi tidak pernah mendapatkan pahala.” Kenapa? Ia tidak tahu kalau itu bisa menjadikan pahala karena niat saja. Padahal apa beratnya niat? Niat itu ringan. Ketika kita melakukan sesuatu maka kita niatkan karena ingin mendapatkan balasan dari Allah SWT., lillahi ta’ala, Bismillahirrahmanirrahim, lillahi ta’ala. Biar dimarahi orang, selama mengerjakan sesuatu yang baik, niatkan kita lillahi ta’ala. Bukan karena takut dimarahi.

Kalau kita niati untuk mengharapkan balasan dari Allah, ridha Allah, maka kita akan mendapatkan balasan dari Allah, yang balasannya itu sepuluh kali lipat. Setiap perbuatan baik yang kita lakukan itu Allah akan memberikan balasan sepuluh kali lipat. Bukan hanya shadaqah uang saja. Ini pentingnya memahami ilmu agama. Kita sama-sama menanam di sawah; yang satu menanam karena ingin mendapatkan upah dari yang mempunyai sawah, sedangkan yang satu menanam karena ingin mendapatkan pahala dari Allah, maka yang terjadi adalah pahala dari Allah dapat, dan upah juga dapat. Ikhlas, “Bismillah, saya akan lakukan dengan ikhlas, dengan baik.” Dengan begitu kita bisa dapat double.

Maka praktekkan ini, jangan didengarkan saja, supaya kita mati kapan saja siap. Mati kapan saja kita tidak perlu takut. Karena kita sudah melakukan kebaikan-kebaikan.

Tulisan ini adalah transkrip dari ceramah yang disampaikan oleh KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc di Pondok Pesantren Darunnajah Cipining Bogor Jawa Barat. Dengan tema “Niatkan Semua Perbuatan Kita Hanya Karena Allah”

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang Banten

Pengalaman Adalah Guru Terbaik Dalam Kehidupan

Pamulang- Santriwati Darunnajah 9 tingkat Aliyah, ikut berpartisipasi dalam acara Pagelaran Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah Aliyah (AKSIOMA). Kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah MAN