UKHUWAH adalah satu konsepsi Islam yang menyatakan bahwa setiap Muslim dengan Muslim lain hakikatnya ialah bersaudara. Banyak ayat Al-Qur’an maupun hadits Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassallam yang menjadi landasan konsep ini. Bahkan dalam beberapa keterangan kerap sekali kata “ukhuwah” atau turunannya digandengkan dengan kata “iman”, “Islam” atau “mukmin”.

Hal ini mengindikasikan bahwa ukhuwah merupakan salah satu parameter utama keimanan dan keislaman seseorang.

Karena itu Ukhuwah merupakan salah satu dari tiga unsur kekuatan yang menjadi karakteristik masyarakat Islam di zaman Rasulullah , yakni pertama, kekuatan iman dan aqidah. Kedua, kekuatan ukhuwah dan ikatan hati. Ketiga, kekuatan kepemimpinan dan senjata.

Dengan tiga kekuatan ini, Rasulullah Shallahu ‘Alaihi Wassallam. membangun masyarakat ideal, memperluas Islam, mengangkat tinggi bendera tauhid, dan mengeksiskan umat Islam di muka dunia kurang dari setengah abad.

Buku-buku sejarah menceritakan kepada kita bahwa kaum Anshar sangat bahagia menerima tamu Muhajirin, hingga mereka berlomba-lomba untuk dapat menerima setiap sahabat Muhajirin yang sampai di Yatsrib (Madinah). Karena para Anshar saling bersaing dan berlomba untuk dapat menerima sahabat Muhajirin hingga mereka harus diundi untuk menentukan siapa yang menang dan dapat giliran menerima tamu Muhajirin. Ini sungguh terjadi hingga disebutkan bahwa tidaklah seorang Muhajirin bertamu ke Anshar kecuali dengan undian.

Apakah Ukhwah Islamiyah Hanya Bisa Dilakukan Pada Jaman Rasul?

Ukhwah Islamiyah tentu saja tidak hanya dilakukan pada jaman rasullullah saja, bahkan dijaman sekarang yang penuh dengan fitnah dunia ini maka kita harus menjalin persaudaraan guna menghindarkan diri dari fitnah dunia, menjalin persaudaraan tidah hanya sesame keluarga atau teman saja, bahkan setiap muslim yang kita kenal maupun tidak kita harus menjalin persaudaraan.

Pondok pesantren darunnajah dengan alumninya yang telah menyebar luas keseluruh Indonesia, bahkan kenegara-negara lain tentunya masih mempunyai jalinan keluarga dengan sesama alumni atau dengan pondoknya, seperti yang dilakukan oleh ikatan keluarga pelajar darunnajah (IKPDN) melakukan silaturrahim lintas angkatan-lintas Negara (IKPDN Madinah, IKPDN Mesir dan IKPDN Jepang) di kota makkah al-mukarram.

Dengan adanya silaturrahim, tentunya ikatan keluarga pelajar Darunnajah (IKPDN) mengharapkan semakin kuat rasa kekeluargaan sesama alumni darunnajah. 15 Dzulhijjah 1438 H/@ikpdnmadinah

Ukhuwah Islamiyah

Ukhuwah Islamiyah