blank

Darunnajah Dibantu Karena Maju, Bukan Maju Karena Dibantu!

Darunnajah Dibantu Karena Maju, Bukan Maju Karena Dibantu!

blank

blank

Ada perbedaan mendasar antara dua frasa tersebut dalam judul. Secara sederhana, kalimat ‘Dibantu Karena Maju’ bermakna aktif-positif-konstruktif.

Lembaganya sudah serius dan optimal menjalankan amanah sehingga berhasil maju, maka pihak lain tertarik untuk ikut membantu agar lebih maju (lagi).

blank

Adapun kalimat ‘Maju Karena Dibantu’ bermakna pasif-negatif-destruktif, karena kalau tidak dibantu oleh pihak lain maka tidak (akan) maju.

Pesantren Darunnajah 2 Cipining adalah lembaga pendidikan Islam yang mandiri dan independent.

blank

Oleh karenanya, berbagai bentuk bantuan dari pihak lain hanya akan diterima jika tanpa ada persyaratan-persyaratan tertentu yang mengikat dan atau membatasi pesantren.

blank

Reportase ini hendak menyampaikan informasi singkat beberapa pihak yang tertarik dan peduli untuk berbagi dan bersinergi dalam berbagai program kebajikan dengan Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor.

Disamping sebagai laporan dan apresiasi kepada para pihak pemberi/penyalur bantuan/donasi, tentunya, juga sebagai aplikasi perintah Allah SWT dalam Al Qur’an Surat Adh-Dhuha ayat 11: “Dan adapun terhadap nikmat Tuhanmu maka ungkapkanlah (dengan bersyukur)!”.

blank

Berikut diantara daftar donasi, wakaf, hibah dan sedekah dimaksud: Wakaf 500 Mushaf Al Qur’an dari Yayasan Sosial Keagamaan Ruang Baik Sawangan Depok, diserahkan langsung ke Pesantren Darunnajah 2 Cipining pada 15 November 2023.

Hibah 100 pcs IP Board Inrecactive Whiteboard (wall mount) dari seseorang muhsinin pada September 2023. Selain digunakan di Darunnajah 2 Cipining, juga didistribusikan ke Darunnajah Pusat dan beberapa cabangnya.

blank

4 ton beras dari Gerakan Infaq Beras dengan salah seorang inisiatornya alumni Pondok Modern Gontor, muballigh/da’i, motivator dan seorang pimpinan pesantren besar di Kalimantan).

Empat kali pengiriman pada 28 Maret, 7 Juni, 17 Juli dan 8 Agustus 2023.

Rp. 139 juta (periode Agustus-November 2023) dari berbagai muhsinin/donatur untuk pembangunan Masjid Raya Darunnajah di kampus 3.

blank

Pada periode-periode sebelumnya, juga ada yang sedekah ratusan kotak telur ayam, puluhan sajadah untuk masjid, ratusan Mushaf Al Qur’an, instalasi mesin air minum, paket alat-alat olahraga, ratusan eksemplar majalah berbahasa Arab.

Hingga pembangunan masjid oleh Asian Moslem Charity Foundation (AMCF), Hai’ah Ighaatsah al ‘Aalamiyah al Islamiyah, World Assembly of Moslem Youth (WAMY), Jam’iyyah Ihyaai at Turaats al Islaamiy dan lain sebagainya. Semoga Allah SWT menerima segala kebajikan mereka, Aaamiiin. (Mr.MiM).

… وَتَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلْبِرِّ وَٱلتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلْإِثْمِ وَٱلْعُدْوَٰنِ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۖ إِنَّ ٱللَّهَ شَدِيدُ ٱلْعِقَاب

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.” (Q.S Al-Maidah : 2)

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah