Pondok Pesantren An Nahl Darunnajah 5 – 3 November 2018. Di dunia ini banyak sekali negara-negara yang terdapat di berbagai benua dan di negara-negara tersebut juga mempunyai budaya dan bahasa yang berbeda-beda. Namun bangsa Indonesia adalah suatu negara yang mempunyai budaya dan bahasa yang sangat beragam maka dari itu kita harus bangga menjadi bangsa indonesia.

Yuk kita lihat ada apa saja sih budaya-budaya indonesia :

Rumah Adat yang berasal dari Jawa Tengah

Rumah Adat yang berasal dari Jawa Tengah

  1. Rumah adat jawa tengah yang bernama joglo. Rumah joglo ini walaupun terlihat sangat sederhana namun rumah ini juga sangat nyaman untuk dihuni.
senjata tradisional papua pisau belati

senjata tradisional papua pisau belati

2. Pisau Belati. Jika umumnya sebuah pisau terbuat dari logam, Namun Belati Papua justru berbeda karena terbuat dari tulang kaki burung endemik Papua yaitu burung Kasuari. Tulang kaki burung kasuari dipilih karena mudah dibentuk dan ditajamkan tapi tetap memiliki struktur yang kuat. Pada pegangan senjata tradisional Papua ini biasanya juga dilengkapi dengan hiasan bulu burung Kasuari.

ondel ondel ciri khas budaya betawi

ondel ondel ciri khas budaya betawi

3. Ondelondel adalah bentuk pertunjukan rakyat Betawi yang sering ditampilkan dalam pesta-pesta rakyat.

Nah terbuktikan bahwa ragam kebudayaan di negara Indonesia itu sangat banyak sekali. Tidak hanya rumah namun senjata dan pertunjukan khas suatu daerah juga ada di indonesia, Namun tidak berhenti disitu. Masih banyak sekali kebudayaan-kebudayaan yang terdapat di bangsa ini. Maka dari itu kita sebagai warga negara indonesia mempunyai kewajiban untuk menjaga dan melestarikan budaya-budaya negri kita tercinta.

Sahabat Pena : Muhammad Hafiz