Bersatunya Ulama dan Pemerintah dalam Hal Kebenaran di suatu Negara adalah Awal Kebaikan Umat
Menu

Bersatunya Ulama dan Pemerintah dalam Hal Kebenaran di suatu Negara adalah Awal Kebaikan Umat

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Ujaran ini disampaikan oleh Syeikh Ahmad Ishom Abdul Gayyed At Tamady dalam Pembukaan PIKSA Ke-2 di Aula Kampus 3 Pesantren Darunnajah Cipining Bogor Rabu, 6 Maret 2019.

Syeikh yang notabene utusan Al Azhar Mesir ini berkesempatan menyampaikan sambutan pada urutan kedua. Dengan bergamis dan peci serba putih didampingi Ust. Rizqi Akhri sebagai mutarjim Syeikh naik mimbar dan mengawali sambutan menggunakan Bahasa Indonesia.

“Selamat datang hadirin…” Ucap beliau dengan dialek yang khas. Sontak para hadirin terutama segenap aparatur desa, kecamatan dan unsur Muspika lainnya menjawab seraya bertepuk tangan tanda gembira karena Syeikh rupanya telah bisa berbahasa Indonesia walau sedikit.

Mengawali sambutannya, Syeikh memperkenalkan diri bahwa dirinya adalah utusan Al Azhar Cairo University untuk Indonesia dan mendapat tugas mengajar di Pesantren Darunnajah Cipining.

“Suatu kaum atau umat akan menjadi baik apabila pemimpin atau pemerintahnya bersatu, merapat kepada para ulama. Begitupun ulamanya, mereka terus membina pemerintah, mengawal roda pemerintahan agar berjalan baik dan syar’i.” Tutur beliau.

“Pemerintah dan Ulama harus kompak, bersatu dalam kebaikan. Harus bekerja sama antar keduanya. Jika pemerintah berjalan sendiri maka akan terjadi ketimpangan, pun sebaliknya jika ulama bekerja sendiri tanpa melibatkan pemerintah maka hasilnya tidak akan maksimal.” Tambahnya.

Syeikh juga memberi motivasi kepada segenap peserta.
“Bersemangatlah dalam berlomba, karena dalam setiap perlombaan kalian akan mendapatkan banyak hal yang tidak bisa kalian temukan di dalam kelas. Untuk itu, hayatilah, resapilah, jiwailah lomba ini.”

Sebagai penutup, pada suasana pagi yang basah diguyur hujan ini Syeikh memanjatkan do’a.

“Semoga hujan ini membawa berkah dan rahmat dari Allah Subhanahu Wata’ala untuk kita semuanya. Amiin.”

(IG Qotada/WARDAN)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Menghadapi Ujian Dari Allah dengan Kesabaran

Manusia adalah makhluk sempurna yang diciptakan allah dari makhluk yang lain. Mengapa demikian? Karena manusia adalah makhluk istimewa yang allah beri akal dan jasad yang

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Menyibukkan Diri Untuk Mengingat Allah Dengan Berdo’a

Kita sering kali susah payah menggapai hasil yang kita cita-citakan. Tak peduli siang maupun malam mengeluarkan keringat untuk menggapainya. Entah perihal akademik, bisnis atau bidang