Album Tanpa Judul (nasihat pimpinan pesantren ketika majlis ‘ilmi bersama para guru single) K. H. Jamhari Abdul Jalal, Lc

23 November 2016

img_372154062064496Suatu Ilmu yg sering kita dengar namun tidak dan susah terlaksana

Semakin kencang ibadah kita di waktu muda semakin cerah masa depan kita

semakin kendor ibadah kita semakin hancur masa depan kita

_sholat fardhu dan  sholat sunnah_

tekun,  rajin,  semangat.

Allah berjanji orang  yang  bertaqwa akan diberikan kemudahan dan kecukupan. Jangan meremehkan sholat.

Karena  sholat kita adalah cerminan kehidupan kita,  cerminan kebiasaan.

Semakin banyak kita membaca semakin bagus

فَسُبْحَانَ اللَّهِ حِينَ تُمْسُونَ وَحِينَ تُصْبِحُونَ[الروم : 17]

وَلَهُ الْحَمْدُ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَعَشِيًّا وَحِينَ تُظْهِرُونَ [الروم : 18]

يُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَيُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَيُحْيِي الْأَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا ۚ وَكَذَٰلِكَ تُخْرَجُونَ [الروم : 19]

(Maka bertasbihlah kepada Allah) maksudnya salatlah kalian (di waktu kalian berada di petang hari) di kala kalian memasuki petang hari; di dalam waktu ini terdapat dua salat, yaitu salat Magrib dan salat Isyak(dan di waktu kalian berada di waktu subuh) sewaktu kalian memasuki pagi hari di dalam waktu ini terdapat salat subuh.

(Dan bagi-Nyalah segala puji di langit dan di bumi)kalimat ayat ini merupakan jumlah i’tiradh, maksudnya Dia dipuji oleh penduduk langit dan bumi (dan di waktu kalian berada pada petang hari) diathafkan kepada lafal hiina yang ada pada ayat sebelumnya; di dalam waktu ini terdapat salat Isyak (dan sewaktu kalian berada di waktu Zuhur) yakni di waktu kalian memasuki tengah hari, yang pada waktu itu terdapat salat Zuhur.

(Dia mengeluarkan yang hidup dari yang mati)sebagaimana manusia, Dia menciptakan manusia dari air mani dan sebagaimana burung yang Dia ciptakan dari telur (dan mengeluarkan yang mati) yaitu air mani dan telur (dari yang hidup dan menghidupkan bumi)dengan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan(sesudah matinya) sesudah kering. (Dan seperti itulah)dengan cara itulah (kalian akan dikeluarkan) dari kubur.

Orang  yang membaca ayat tersebut setiap pagi  maka dia akan mendapatkan yg hilang darinya, yang lenyap darinya, pada hari itu juga.

Barang siapa yang membaca di sore hari maka malamnya dia akan mendapatkan apa yang hilang darinya,  karena di hidup ini kita suka kehilangan sesuatu,  bukan berarti kita kehilangan saat ini, kita menjadi sengsara bisa juga digantikan dengan yang  lebih baik.

Sholat bagus, amal perbuatan yang lain juga bagus,  begitupun sebaliknya

jadi tidak mungkin orang yang males membaca ayat ini rajin sholat nya.

ق س : الدخان

الغافر : ١-٣

اية الكرسي

Barang siapa yg membaca ayat-ayat tersebut diatas setiap pagi dan sore hari, Allah akan menjaga kita.

Makna dijaga oleh Allah yg menciptakan kita adalah bahwasanya kita tidak akan mengalami kesulitan dalam kehidupan ini,  Allah akan memberikan rezeki sebelum kita lapar, kesehatan kita dijaga sehingga kita tidak akan sakit.(Wardan/Fera Indriani)