Nasihat pimpinan pesantren K. H. Jamhari Abdul Jalal, Lc kepada guru-guru ketika taujihad rutin hari Rabu (8/02/2017).

Bersabarlah dalam setiap hal yang akan  dilakukan, tetapi berbeda antara bersabar dan pasrah, karena pasrah pasti dia tidak  memiliki keinginan untuk berusaha. Sedangkan orang yang bersabar yaitu selain dia banyak melakukan usaha, dia juga selalu melibatkan Allah dalam setiap kegiatannya. Orang yang bersabar juga dapat dikatakan orang memiliki jiwa pantang mundur dan selalu berjuang dengan sungguh-sungguh.

Allah tidak akan memberikan beban diluar batas kemampuan para hambanya. Jika kita tidak mau merubah diri kita, maka Allah pun tidak akan merubahmu. Semua orang yang sukses saat ini, mereka sudah melakukan perubahan diri sebelumnya, mereka selalu aktif mengikuti semua kegiatan, belajar dan berlatih menjalankan tugas serta amanah.

Orang-orang yang beriman dan akan mendapatkan kebahagiaan adalah, apabila ketika dia mendapatkan apa yang dia senangi, makan dia akan banyak bersyukur, tetapi ketika dia mendapatkan sesuatu yang tidak dia senangi makan dia akan bersabar. Merekalah orang-orang yang akan diampuni dosa-dosanya.

Ingatlah, orang yang mendapatkan banyak ujian dan selalu ridho untuk menjalankan ujian tersebut, maka dialah yang akan mendapatkan balasan yang baik sesuai dengan ujian yang diberikan. Tetapi orang yang benci dengan ujian yang diberikan oleh Allah, maka Allah juga akan membencinya.(Wardan/Fera Indriani)