Search
Close this search box.
blank

Menumbuhkan Nilai-Nilai Religius Siswa SD Islam Darunnajah Jakarta

Menumbuhkan Nilai-Nilai Religius Siswa SD Islam Darunnajah Jakarta

blank

*Untaian Doa di Awal Tahun 2021*

Di awal tahun baru 2021, SD Islam mengadakan dzikir dan doa bersama yang diikuti oleh seluruh guru, siswa, dan wali murid yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 1 Januari 2021 pada jam 07.00 sampai jam 08.00 melalui aplikasi zoom.

Acara yang diawali dengan pemutaran video support, motivasi dan doa untuk kesembuhan salah seorang siswa yang sedang terbaring sakit sebagai bentuk dukungan dari keluarga besar SD Islam Darunnajah Jakarta agar lekas sembuh. Acara berikutnya adalah dzikir dan doa bersama sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah subhanahu wataala atas segala nikmat, pencapaian dan kelancaran proses belajara mengajar di tahun 2020.

Ibu Nur Amalia, S.H.I selaku kepala sekolah dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh siswa yang sudah berpartisipasi dalam acara ini, sudah lama kita tidak berjumpa dan pastinya anak-anak sudah kangen dengan susasan sekolah, kangen bermain bersama, kangen dengan bapak dan ibu guru dan tentunya kangen dengan suasana belajar bersama di kelas. Untuk itu pada kesempatan ini marilah kita berdoa semoga Allah segera hilangkan pandemi virus ini dan tentunya kita harus tetap semangat dan optimis.

Kegiatan pada pagi hari ini merupakan kegiatan yang istimewa karena dilaksanakan pada hari Jum’at dan di awal tahun baru 2021, dimana mungkin Sebagian orang belum melaksanakan aktifitasnya karena hari libur. Tapi siswa siswi SD Islam Darunnajah di tanggal merah pagi ini sudah menghadiri/mengikuti kegiatan dzikir dan doa bersama dengan semangat dan antusias dilihat dari jumlah partisipan yang mecapai lebih dari 65% .

SD Islam Darunnajah terus berupaya menghadirkan kegiatan-kegiatan yang positif dan menarik. Penumbuhan dan pengembangan karakter-karakter yang baik dilaksanakan melalui pembiasaan, penugasan dan keteladanan dari para guru. Dengan pembiasaan selalu berzikir dan berdoa akan menumbuhkan nilai-nilai religius siswa seperti selalu bersyukur, selalu berhusnuzhon, dan selalu berterima kasih atas apa diterima.

Pendidikan karakter didukung oleh tri pusat Pendidikan yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat. Dimana ketiga aspek tersebut saling berkaitan dalam proses menumbuh kembangkan karakter sisiwa. Karakter tidak timbul dengan sendirinya sejak lahir, melainkan melalui proses dalam keluarga, di sekolah, dan di lingkungan masyarakat.

Adanya karakter pada diri seseorang tidak didapatkan saat lahir. Karakter dibentuk melalui proses habituasi dan pembelajaran yang cukup panjang. Karakter seseorang terbentuk melalui pembiasaan, faktor lingkungan dan orang-orang yang ada berada di sekeliling lingkungan tersebut. Kegiatan keagamaan dan kegiatan-kegiatan terporgam di sekolah seperti kegiatan siswa peduli, amal Jum’at, olahraga, peringatan hari besar Islam dan nasional memiliki tujuan khusus, dimana tujuan tersebut adalah untuk menumbuhkan dan mengembangkan karakter siswa sehingga nantinya setiap siswa tertanam nilai-nilai yang baik.

Tujuan acara dzikir dan doa bersama ini adalah mendoakan para wakif, pendiri pesantren, para ustadz dan ustadzah, para santri agar selalu mendapatkan limpahan karunia dari Allah, bagi yang telah wafat semoga mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya, bagi yang masih hidup semoga selalu istiqomah dalam jalan da’wah dan Pendidikan. Pada kesempatan ini pula terselipkan doa untuk para guru, para santri, para siswa yang sedang sakit dan khususnya siswa SD Islam Darunnajah yang sedang terbaring sakit agar Allah segera angkat penyakitnya dan memulihkan kesehatannya seperti sedia kala agar dapat Kembali beraktifitas menuntut ilmu.

 

 

 

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah