Menumbuhkan Jiwa Sosial Siswa Lewat Gerakan Sedekah Qurban
Menu

Menumbuhkan Jiwa Sosial Siswa Lewat Gerakan Sedekah Qurban

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Salah satu cara menenumbuhkan jiwa sosial pada anak agar peka terhadap kondisi kehidupan disekitarnya adalah dengan cara melibatkan anak secara langsung pada kegiatan sosial. 

Begitu juga yang SD Islam Darunnajah laksanakan untuk menumbuhkan jiwa sosial anak didiknya, salah satunya adalah dengan mengadakan kegiatan gerakan siswa berqurban yang dilaksanakan sejak awal bulan Agustus sampai H-1 Idul Adha. 

Ada 8 anak terpilih menjadi duta qurban yang tugas utamanya adalah mengkoordinir pengumpulan dana qurban perkelas. Setiap pagi mereka berkeliling tiap kelas yang berjumlah 24 ruang sambil membawa kotak amal guna mengumpulkan dana qurban. 

Setelah mengumpulkan dana, mereka akan menghitungnya dan dicatat di lembar laporan harian. Disinilah mereka mengaplikasikan apa yang telah mereka pelajari dari pelajaran matematik dan pelajaran agama. 

Mereka menghitung perolehan tiap kelas dan menjumlahkannya secara keseluruhan dan dilaporkan pada guru pembimbing, sehingg warga sekolah akan mengetahui perolehan sodaqoh secara rinci.  

Sikap hati-hati, teliti, dan jujur menjadi salah satu alasan mengapa mereka terpilih menjadi duta qurban. Disamping juga sikap dan akhlak keseharian mereka yang menjadi penilaian lainya. 

Hampir empat minggu para duta qurban ini melaksanakan aktifitas berkeliling kelas tiap pagi, tanpa kenal lelah dan bosan mereka laksanakan tugas yang diamanatkan pada pundaknya. 

Puji syukur alhamdulillah jerih payah mereka mendapatkan hasil yang luar biasa. Dalam kurun waktu empat minggu terkumpul dana qurban sebanyak Rp. 41.912.500 (Empat puluh satu juta sembilanratus duabelas ribu limaratus rupiah) yang digunakan untuk membeli hewan qurban berupa 1 ekor sapi dan 8 ekor kambing. 

Semoga Allah memberi kelapangan rizki kepada hambanya yang murah berderma dan bershodaqoh. 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Idul Adha Di Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14

Pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 H, Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 melaksanakan kurban dengan menyembelih sebanyak 2 ekor sapi dan 28 ekor