Menu

Kegiatan Kepramukan Menumbuhkan Jiwa Sosial Para Santri

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta mengadakan ceremonial Pelepasan Peserta Perkemahan Santri Darunnajah (Persada) ke-2 di Pondok Pesantren Darunnajah 8 An-Nur, Cidokom di Depan Masjid Jami’, sabtu, 25 Februari 2017.

Adapun jumlah peserta perkemahan ini adalah sebagai berikut:

  1. Penggalang terbagi menjadi 6 regu = 60 penggalang
  2. Penegak terbagi menjadi 2 sangga = 20 penegak

Sedangkan Jumlah bindamping adalah sebagai berikut:

  1. Kelas 5 TMI: 3 orang
  2. Asatidz Darunnajah: 3 orang

Jumlah keseluruhan = 86 orang

Kepramukaan didarunnajah merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh setiap santri. Dalam keparamukaan santri dibina agar menjadi pribadi yang tangguh, ulet, mandiri dan memiliki jiwa sosial yang tinggi, serta pengalaman yang banyak.

Kegiatan ini dapat menekan ke egoisan Santri, yakni dengan hidup bersama-sama dalam satu tenda, kita tidak bisa egois. Kita harus menghormati dan hidup bersama-sama dengan baik. Harus berbagi dan menolong satu sama lain.

Pelajaran lain dari kegiatan ini yaitu bergotong royong. Pada saat kemah, pastinya santri tidak hanya sendirian. Pasti dalam satu tenda diisi oleh begitu banyak orang. Kalian tentunya harus saling membantu untuk bertahan hidup saat kemah kini. Misalnya seperti dari awal kemah. Kita memasang tenda bersama. Kita juga harus berbagi tempat tidur bersama. Kita juga harus saling membantu misalnya dalam mencuci piring. Atau bahkan misalnya ada teman kita yang sakit, kita harus merawatnya.

Kegiatan ini juga dapat meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. dimana Sebelum melakukan kegiatan, santri  diharuskan berdoa. Saat apel dan mengakhiri apel juga santri akan diwajibkan berdoa.

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Study From Home

Cidokom Pos – Alhamdulillah, ditengah-tengah maraknya penyebaran virus corona (Covid-19), mari kita selalu menjaga kesehatan diri kita semuanya. Karena persoalannya saat ini bukan hanya Social