Mengoptimalkan Kualitas Belajar di Masa Pandemi

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Belajar adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan bagi setiap umat muslim. Ilmu yang diperoleh dari hasil belajar akan menjadi bekal manusia untuk menjalankan kehidupan. Karena orang yang berilmu akan ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT.

Dalam firman Allah di surah Al-Mujadalah ayat 11: “Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang-orang yang  berilmu pengetahuan dengan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” Dan hadits yang mengenai kewajiban dalam menuntut ilmu:

طَلَبُ العِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

“Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim (HR. Ibun Majah)”

Dengan adanya penyebaran pandemi virus corono membuat banyak universitas dan berbagai lembaga pendidikan memberhentikan proses pembelajaran tatap muka, dan merubahnya dengan proses pembelajaran jarak jauh. Dari permasalahan tersebut jangan sampai membuat anak mengurangi efektivitas belajarnya akan tetapi prosesnya harus lebih dioptimalkan agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan pembelajaran secara tatap muka.

Adapun beberapa tips yang dapat mengoptimalkan proses belajar di masa pandemi ini, yaitu:

  1. Memotivasi Diri

Menciptakan motivasi untuk belajar dengan cara berikut:

  • Membuat perjanjian dengan diri sendiri untuk fokus belajar
  • Menuliskan kata-kata motivasi untuk pendukung belajar
  1. Menyesuaikan tempat yang nyaman

Mencari sudut rumah yang nyaman untuk belajar dan menggunakan perlengkapan belajar seperti menggunakan meja portable dan menggelar tikar. Dapat mendekorasi meja belajar sesuai keinginan agar dapat meningkatkan  kesemangatan belajar

  1. Menyiapkan perangkat

Menyiapkan perangkat dan internet yang akan digunakan, diusahakan internet tidak bermasalah sehingga memperlancar proses belajar. Menyediakan colokan listrik agar alat elektronik yang digunakan seperti laptop ataupun smartphone tidak kehabisan daya.

  1. Mengatur waktu

Atur waktu belajar dengan teratur. Kerjakan dengan fokus tugas yang telah diberikan oleh guru. Kerjakan tugas sesuai dengan deadline agar tidak menumpuk.

  1. Menjaga kebersihan

Kebersihaan adalah hal yang penting, apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini. Selalu cuci tangan dan tidak lupa membersihkan diri sebelum memulai proses pembelajaran agar belajar menjadi lebih nyaman. Dan jangan lupa membersihkan prangkat yang akan digunakan.

  1. Teman belajar

Proses belajar online memiliki sebuah tantangan tersendiri, sebab interaksi kepada guru akan menjadi kurang, maka carilah teman belajar secara online untuk mendiskusikan materi yang dipelajari.

  1. Mengualang materi

Setelah selesainya proses pembelajaran jangan lupa untuk mengulangi materi-materi yang telah diberikan agar ilmu yang didapat tidak hilang begitu saja, seperti dengan mengerjakan soal-soal, membuat rangkuman atau peta konsep di buku catatan

Dengan tips-tips di atas semoga dapat membantu mengoptimalkan proses-proses belajar di rumah selama pandemi berlangsung sehingga dapat menghasilkan hasil belajar yang optimal dan memuaskan.

(dn.com/Nafisah)

 

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait