Mengenal Tipe Anak
Menu

Mengenal Tipe Anak

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

DNKindergarten 30/05

Kita harus mengenal tipe anak yang mempengaruhi cara belajarnya agar lebih efektif :

a. Kata Hati

Anak akan efektif belajar bila menyentuh kata hati atau kesukaannya. Misalnya kita mengajaknya belajar konsep warna dengan menggunakan mobil-mobilannya yang berwarna warni.

b. Perasaan

Anak hanya dapat konsentrasi belajar jika kita menjaga harga dirinya. Hindarilah pemberian komentar yang negatif, misalnya “Bukan begitu caranya mengguntung , kamu salah”. Jika kita melakukan hal itu, maka dengan serta merta ia akan mogok belajar menggunting. Gantilah dengan komentar yang positif. “Wah, kamu pintar ya pegang gunting, sehingga kamu menggunting kertas. Bukan tangan ya yang digunting”.

c. Panca Indra

Anak efektif belajar jika melibatkan panca indranya. Misalnya mengenalkan konsep halus dan kasar. Mintalah ia meraba permukaan kain flannel dan kain basa.

d. Imajinasi

Anak efektif belajar melalui imajinasi atau cerita terlebih dahulu. Misalnya konsep baik dan jahat, melalui cerita 2 ekor kelinci berebut sepotong roti.

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Pengumuman Kenaikan Kelas Annur Darunnajah 8 Cidokom TA 2019-2020

PENGUMUMAN KENAIKAN KELAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020 BISMILLAHRRAHMANIRRAHIM SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR TMI ANNUR DARUNNAJAH 8 CIDOKOM Nomor: 74/TMI-DN8/V/2020 HASIL UJIAN AKUMULATIF SELAMA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 PONDOK PESANTREN