Empat Tipe Kehidupan Manusia
Menu

Empat Tipe Kehidupan Manusia

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Imam Al Ghazali menyatakan ada 4 tipe kehidupan yang dapat dirasakan seseorang;

  1. tipe-manusiaOrang yang bahagia didunia juga diakhirat

Pada tipe yang pertama yaitu orang yang akan bahagia didunia akhirat adalah orang orang yang beriman kepada Allah dan Rasulullah dan mengerjakan amal sholeh. Sebagaimana yang disebutkan dalam Al Quran surat Al Asr yang artinya sesungguhnya manusia berada dalam kerugian kecuali orang orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh. Amal sholeh disini adalah segela perbuatan yang sesuai dengan ajaran Allah dan rasulnya dengan meluruskan niat semata mata hanya mengharap ridho Allah swt.

2. Orang yang bahagia didunia celaka diakhirat

Orang yang bahagia didunia celaka diakhirat adalah orang orang yang lalai dari mengingat Allah dalam hidupnya, mereka hanya disibukannya dengan urusan dunia, mengejar keuntungan dunia bahkan bersenang senang dalam kemaksiatan. Orientasi hidupnya hanya pada bagaimana bekerja dan menghasilkan uang sebanyak banyak nya, dan memiliki kedudukan .

3. Orang yang susah didunia bahagia akhirat

Orang susah didunia bahagia diakhirat, mereka adalah orang orang yang diuji oleh Allah swt dengan kesusahan, takut dan rasa lapar, namun mereka selalu berhusnudzon kepada Allah dan bersabar dengan segala ujian dari Allah. Mereka senantiasa beribdah dengan ikhsan sekalipun kehidupannya dilalui dengan berbagai ujian.

4. Orang yang susah didunia sengsara diakhirat

Orang yang susah didunia sengsara diakhirat, mereka adalah orang orang yang semasa hidup didunia Allah uji dengan berbagai kesulitan namun mereka lupa dan enggan kembali pada Allah, bahkan mereka melakukan kemaksiatan dengan menyekutukan Allah swt  untuk merubah nasibnya. Tentu yang demikian sangat jauh dari apa yang diajarkan Allah dan rasulnya.

Tentunya kita mengharap kehidupan yang baik didunia dan dikahirat, dengan melakukan beberapa hal dibawah ini semoga menjadi jalan bagi kita untuk meraihnya keridhoannya, diantara nya, beriman kepada Allah swt, melakukan amal shaleh, menasehati dalam kebaikan dan menasehati dalam kesabaran, sebagaimana Allah swt telah firmankan dalam Al Quran surat Al Asr.

(MAS)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Pengumuman Kenaikan Kelas Annur Darunnajah 8 Cidokom TA 2019-2020

PENGUMUMAN KENAIKAN KELAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020 BISMILLAHRRAHMANIRRAHIM SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR TMI ANNUR DARUNNAJAH 8 CIDOKOM Nomor: 74/TMI-DN8/V/2020 HASIL UJIAN AKUMULATIF SELAMA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 PONDOK PESANTREN