Menu

5 Tipe-tipe Belajar Nan Menarik Yang Harus Kamu Ketahui

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Belajar merupakan kegiatan yang tidak asing lagi didengar oleh setiap orang. Kenapa? Karena hampir semua orang pernah mengalaminya bahkan sedang dilakukan atau terjadi.

Seperti halnya mereka yang masih dalam jenjang pendidikan yang kegiatannya cenderung lebih aktif dalam belajar. Belajar dalam hal apapun, dimanapun, kapanpun, bagaimanapun, dan dengan siapapun.

Kita bisa belajar tentang hal apapun mengenai pelajaran sekolah, tata boga, ilmu politik, ilmu kesehatan, ilmu astronomi, ilmu tafsir, ilmu jurnalistik, dan sebagainya.

Nah, sering kali kita juga merasa heran ketika melihat cara orang lain belajar. Seolah merasa bahwa orang tersebut belajarnya beda dengan kita. Atau mungkin kita yang belajarnya salah, atau orang tersebut yang ternyata salah?

Perlu kita ketahui banyak sekali tipe-tipe belajar orang yang sering dan banyak kita jumpai. Jadi bukan berarti cara belajar kita atau mereka salah yah.

Berikut 5 Tipe-tipe Belajar Nan Menarik Yang Harus Kamu Ketahui;

  1. Belajar sambil mendengarkan musik
  2. Belajar melalui menonton video di Youtube
  3. Belajar dengan praktek
  4. Belajar dengan mengerti bukan menghapal
  5. Belajar bersama teman-teman

 

  1. Belajar sambil mendengarkan musik

Tidak sedikit orang yang suka belajar sambil mendengarkan musik, nonton televisi atau mendengarkan radio akan tetapi sebenarnya belajar sambil mendengerkan musik itu hal yang benar atau salah?.

Sebagian orang berpendapat bahwa musik adalah salah satu sarana yang tepat saat belajar karena mampu merubah suasana belajar menjadi tidak membosankan.

  1. Belajar melalui menonton video di Youtube

Youtube memang sudah tidak asing lagi bagi kalangan masyarakat jaman sekarang, dan ternyata youtube juga memiliki dampak positif bagi para pelajar yaitu dengan melihat video tentang perkembangan ilmu pendidikan, jadi kita tidak akan ketinggalan informasi penting tentang pelajaran.

  1. Belajar dengan praktek

Belajar sambil praktek adalah hal yang sangat efektif. Cara belajar ini juga akan membuat anda tak merasa bosan. Contoh, pelajaran IPA seperti Botani bisa kita pelajari sambil mengamati tumbuh-tumbuhan, hewan ataupun apapun, dengan itu suasana belajar kita akan menjadi lebih asyik.

  1. Belajar dengan mengerti bukan menghafal

Hal yang paling sering dilakukan oleh siswa ketika ingin menghadapi ujian adalah menghafal. Sebenernya tidak salah hanya saja kurang efektif. Untuk lebih efektifnya adalah mengerti teorinya, maka dengan sendirinya kita akan ingat ketika ujian.

  1. Belajar bersama teman-teman

Tipe ini adalah yang paling efektif dan sangat dianjurkan karena dalam suasana belajar berkelompok yang cukup santai otak menjadi lebih releks menerima pelajaran yang akan diserap. Selain itu hal-hal yang belum diketahui akan lebih mudah diselesaikan dengan bekerja sama.

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang Banten

Pengalaman Adalah Guru Terbaik Dalam Kehidupan

Pamulang- Santriwati Darunnajah 9 tingkat Aliyah, ikut berpartisipasi dalam acara Pagelaran Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah Aliyah (AKSIOMA). Kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah MAN