DARUNNAJAH.COM, Jakarta – Santri secara umum adalah sebutan bagi seseorang yang mengikuti pendidikan agama Islam di pesantren, biasanya menetap di tempat tersebut hingga pendidikannya selesai. Menurut bahasa, istilah santri berasal dari bahasa Sanskerta, “shastri” yang memiliki akar kata yang sama dengan kata sastra yang berarti kitab suci, agama dan pengetahuan. lihat juga

Santri Darunnajah Sedang Mendengarkan Nasihat

Santri Darunnajah Sedang Mendengarkan Nasihat

Namun, seperti kita ketahui kehidupan santri sangatlah unik. Banyak di antara kita yang telah merasakan susah senangnya menjadi seorang santri. Apalgi, jika pesantren tempat kta belajar memiliki jarak yang jauh dari rumah.

Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin hanya santri yang merasakannya:

  1. Serba Ngantri

Ya, mengantri bukanlah sesuatu yang jarang kita temui di pondok pesantren. Bahkan hampir setiap hari dapat menemui hal seperti ini. Mulai dari antri di kamar mandi, antrii untuk berwudhu, mengantri makan, antri di koperasi dan lain sebagainya. Namun, hal ini lah yang dapat melatih mental para santri untuk menjadi orang penyabar.

 

  1. Ember dan Hanger Legend

Membuat kopi atau mie instant memang bukanlah hal yang luar biasa. Namun, hal seperti ini akan menjadi sangat unik dan fantastis jika santri yang melakukannya. Bagaimana tidak, ketika santri ingin membuat kopi atau mie instant untuk teman-temannya dan tidak menemukan wadah yang memadai, ember akan menjadi pilihan utamanya. Dan jika tidak ada sendok atau garpu, hanger pun jadi. Hal seperti ini sangat lah lumrah di kalangan santri.

  1. Nunggu Kiriman yang Tak Kunjung Datang

Kiriman wesel ataupun paket merupakan sesuatu yang sangat dinanti para santri. Jika kiriman telah datang, raut bahagia wajah mereka akan sangat bersinar. Seakan telah mendapatkan hal yang dapat merubah hidupnya. Bak magnet yang saling menarik antara kedua kutub, teman-teman sekamarnya akan langsung berdatangan demi mecicipi rezeki yang datang tersebut. Momen seperti ini selalu dinanti oleh para santri, apalagi yang jarang dikirim paket oleh orang tuanya.

  1. Tidur Sambil Berdiri

Jika seorang santri ditanya, “Apakah kamu pernah tidur berdiri?” hampir semuanya akan menjawab “Ya”. Aktivitas yang padat dan jadwal tidur yang terbartas menjadi salah satu penyebabnya. Hal ini memang wajar, namun jika dilakukan berkali-kali inilah yang tidak wajar.

  1. Sandal yang Tiba-tiba Hilang

Kehilangan sandal merupakan hal yang lumrah bagi santri. Hal ini memang kebiasaan tidak baik dan termasuk mengambil hak mirik orang lain. Namun, terkadang kehilangan sandal suka menjadi pembicaraan yang lucu di antara para santri. Tapi jangan ditiru ya

 

  1. Gundul

Gundul atau botak merupakan salah satu hukuman yang ada di pesantren. Hukuman gundul biasanya dijatuhkan kepada santri yang melanggar seperti; melanggar peraturan bahasa, keluar pondok tanpa izin, tidak masuk kelas tanpa izin, tidak berjamaah ke masjid dan lain sebagainya. Pengalaman dihukum gundul menjadi pengalaman yang menarik bagi para santri. Memang, pada awalnya kita sangat merasa malu karena mendapat hukuman ini.

  1. Susah dan Senang Bersama

Sudah menjadi tradisi dan kebiasaan di pesantren. Jika teman mengalami kesulitan maka teman-teman yang lainnya bisa merasakan kesulitannya. Dan terdorong untuk membantunya. Dan jika mereka dalam keadaan bahagia, maka tidak lupa untuk mengajak teman-temanya. Hidup jauh dari orang tua memang terasa berat. Namun, keberadaan teman-teman disekitar kitalah yang dapat mengurai rasa rindu yang mendalam terhadap orang tua.