Mengenal Rahasia Binatang : Lebah

blank

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

a href=”http://darunnajah.com/wp-content/uploads/2011/04/lebah4.jpg”>img class=”alignleft size-medium wp-image-1091″ title=”lebah” src=”http://darunnajah3.com/wp-content/uploads/2011/04/lebah4-300×214.jpg” alt=”” width=”300″ height=”214″ />/a>Artinya: Dan Tuhamnu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia”, (QS. An-Nahl : 68)

Walaupun kata em>an-nahl /em>yang berarti “lebah” hanya disebut satu kali dalam (QS: An-Nahl : 68) tapi diabadikan sebagai nama surat dalam Al-Qur’an.

Lebah merupakan hewan yang memiliki ciri khusus yaitu bisa menghisap bunga. Lebah memberi makan larvanya dengan serbuk sari bunga. Selain itu lebah juga merupakan jenis serangga yang suka hidup berkelompok dalam satu rumah yang disebut larva.

Dalam kehidupan lebah dipimpin oleh seekor lebah betina dewasa yang bertindak sebagai ratu lebah, dan sejumlah lebah betina mandul yang bertugas sebagai pekerja untuk menghisap sari bunga sebagai makan larvanya.

Lebah adalah penghasil madu dengan bermacam-macam warnanya yang berhasiat sebagai obat sehingga bermanfaat bagi umat manusia. Lebah memiliki  banyak kaki yang berfungsi untuk mengangkut larva yang berguna untuk menadahi dan menjaga madu agar tidak jatuh ke tanah.

Hampir tidak ada hewan yang memiliki system pengamanan pakan dan hasinya sebaik lebah. Ia mampu menyusun madu pada larva yang telah terlebih dulu ditatanya, sehingga bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Lebah juga memiliki cara hidup yang bagus untuk pelajaran buat manusia. Ia keluar mencari makan dari pagi hari dan baru pulang di sore hari. Ia membawa makanan dengan kaki-kakinya yang kecil untuk persediaan di tempat larvanya.

Karena besarnya manfaat lebah, Rasulullah SAW melarang manusia untuk membunuhnya. Dalam suatu hadits yang diriwayatkan oleh Al-Hasan bin Ali, Rasulullah SAW juga bersabda; “lebah dan pohon adalah dua hal yang membawa berkah kepada pemiliknya, dan juga kepada orang-orang setelah mereka, jika mereka senantiasa bersyukur kepada Allah SWT” (HR. Ath-Thabrani)

Sumber: Buku Sketsa Tafsir Al-Quran : Mengenal Tafsir Hayawan

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Detik-detik melepas K.H. Saifuddin Arief

KH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief Memotivasi Santri Untuk BerprestasiDokumentasi Pemakaman K.H. Saifuddin Arief, S.H., M.HKalimat Takziah K.H. Nasir