Senin, 4 November 2019, Jam 08.00 waktu Cairo Dauroh Imam dan Da’i di mulai dengan dibagi dalam 2 kelas. Ada tiga sesi yang setiap sesi-nya sekitar 1 jam.

Materi pertama tentang  الاسلام فرق oleh Prof Dr. Mahmud Muhammad Husein. Diawali dengan perkenalan dari peserta dari berbagai negara; Negeria, Kazakhtan, Togo, Indonesia, Malaysia, Rusia, Tunisia, Sudan, dll.

Dr. Mahmud menyampaikan bahwa kita dikumpulkan untuk dauroh 2 bulan di Al-Azhar Asysyariif yang pesertanya dari berbagai negara disatukan oleh agama kita Islam, dimana Tuhan kita satu, kitab kita satu, Rasul kita sama, dan dengan ikatan Aqidah yang sama maka harus diniatkan untuk sungguh-sungguh menyamakan persepsi dakwah Islamiyah ke berbagai negara.

Dauroh ini untuk membawa perubahan baik untuk diri sendiri dan bahkan untuk negara.

Begitulah beliau mengawali materinya dan disambut antusias oleh seluruh peserta dengan banyak mengajukan berbagai soal dan permasalahan dalam dakwah.

Materi selesai sekitar jam 09.30 waktu setempat. Sesi kedua adalah materi Aqidah oleh Prof Dr. Muhammad Robi’ Muhammad Juhuri yang membahas tentang Aqidah Islamiyyah dan berbagai permasalahannya. Materi ini selesai jam 11.50 waktu setempat.

Sesi ketiga yaitu materi Tafsier Quran oleh Prof Dr. Hasan Abdul Hamid membahas tentang Tafsir Quran Dan diskusi tentang permasalahannya. Material selesai jam 02.30 waktu setempat.

Demikian laporan kegiatan Yang bisa kami tulis syukron.

Katena Putu Gandhi

Mesir, 5 November 2019