Selasa, 5 November 2019, Setelah sarapan pagi dengan menu kreasi nasi goreng, telur bumbu, pop mie dan kopi panas, kami berangkat menuju Qoatul muhadhoroh. Sesi pertama adalah materi Mawaris atau faroidh yang disampaikan oleh Prof Dr. Ahmad Hamid Salam Saba’.

Materi ini sangat penting sebagai ilmu yang aplikatif. Di sebagian daerah di Indonesia masih kesulitan merealisasikan ilmu ini karena masih kuatnya tradisi pembagian waris sesuai adat. Ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Duat di negeri dengan penduduk muslim terbanyak di dunia ini.

Sesi kedua adalah materi Al Quran wa Ahkamu Tajwid yang disampaikan oleh Syeikh Fauzi Said Muhammadi Haykal. Secara keilmuan dasar peserta dauroh banyak yang sudah memahami tapi secara detail penerapan ilmu ini masih kurang aplikasinya yang kemungkinan disebabkan lahjah pelafalan huruf-huruf Quran berbeda-beda.

Ala kulli hal pembelajaran ini sangat menarik apalagi ada praktek langsung membaca Quran dari Surah Al-Fatehah dan sebagian Surah Al-Baqarah dari peserta dauroh yang langsung di taftis oleh Syeikh Fauzi Said Muhammadiyah Haykal. Pembelajaran selesai jam 14.50 waktu Cairo.

Setelah shalat Ashar kami ust Lili Muhammad Darlu, ust Karena, dan ust Irfanuddin Kurniawan berkunjung ke KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) di Mesir diantar oleh anak-anak IKPDN (Harun Rama S, Ahmad Mujahid al-hafizh, Rama, .

Alhamdulillah diterima dengan hangat oleh staff KBRI Atase Dikbud dan dipertemukan dengan Kepala Adikbud yaitu Dr. Usman Syihab, staf KBRI ust Cecep Taufiq, MA, ust Subhan, MA, ust Muhlason Jalaluddin. Kita berbincang banyak hal terkait dengan dauroh dan juga arah pendidikan dan dakwah di era teknologi saat ini.

Alhamdulillah kami juga bisa bertemu dengan ust Heriyanto staff KBRI alumni DN2 Cipining. Beliau baru tiba beberapa hari yang lalu dari mudik ke Indonesia. Pk 19:00 selepas dari Kedubes menghadiri undangan  makan malam dari ust Nanang khirrij Gontor 87 bersama dengan mahasiswa/i Al Azhar anak-anaknya alumni Gontor 87.

Sekian…

Mesir, 6 November 2019

Lili Muhammad Darli, MA

Katena Putu Gandhi, S. Pdi

Irfanuddin Kurniawan, M. Ag