Salah satu aktivitas penting yang menyita waktu Pimpinan Pesantren Darunnajah Cipining, KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc. adalah mengisi berbagai pengajian, baik di dalam pesantren maupun di luar pesantren. Kegiatan seperti ini lebih intensif beliau lakukan sejak tahun 2000-an. Sebelumnya beliau bahkan mengajar di kelas.

Pelajaran keagamaan yang diterapkan di dalam kurikulum sekolah dirasa sangat minim. Hal ini menuntut pesantren Darunnajah Cipining untuk menambah jam pelajaran keagamaan di setiap lembaga pendidikan yang berada di bawah naungannya.

Selain itu, pembiasaan dan praktik ibadah juga diujikan dengan prosedur khusus. Alasan yang paling mendasar adalah perlunya para siswa ini mendapat contoh riil dari para pendidik. Seringnya perintah beribadah seperti sholat menjadi sesuatu yang mudah diabaikan oleh seorang siswa karena diajarkan sebatas teori. Di Darunnajah Cipining, sholat berjamaah dan mengikuti pengajian (ta’lim) adalah program dan aktivitas pokok.

Karena itulah Bapak Kyai juga getol memberikan pemahaman-pemahaman tentang agama. Melalui pengajian-pengajian yang diadakan, beliau memberikan dorongan kepada setiap siswa untuk terus mempelajari agama ini secara kaafah. “Agama ini tidak akan ada habisnya meskipun seseorang mempelajarinya semenjak lahir hingga menemui ajal’”ungkap beliau dalam salah satu kesempatan.

Forum pengajian yang dipimpin dan diikuti K.H. Jamhari Abdul Jalal, Lc. cukup banyak dengan jadwal yang padat. Tidak saja para santri yang mengaji bersama beliau, namun semua warga pesantren menjadi tanggung jawab beliau di dalam memahamkan kepada mereka tentang agama Islam ini. Sehingga tiada kenal lelah, dengan disiplin dan perannya sebagai Pimpinan Pesantren, didedikasikan seluruh waktu beliau untuk mengambil tanggung jawab itu. Berikut jadwal kegiatan pengajian beliau setiap harinya:
1. Mengaji bersama dewan guru putri dalam forum Majelis Ilmi, Sabtu, Ahad, Senin pagi seusai Sholat Shubuh di ruang sekretariat Darunnajah.
2. Mengaji bersama dewan guru putra dalam forum Majelis ilmi, Selasa, Rabu, Kamis pagi di ruang sekretariat Darunnajah.
3. Mengaji bersama seluruh santriwan dan santriwati, Jumat pagi di Masjid Jami Darunnajah.
4. Mengaji bersama karyawan-luar pesantren, kamis siang di ruang sekretariat Darunnajah.
5. Mengaji bersama karyawan-dalam, Minggu pagi di ruang sekretariat Darunnajah.
6. Mengaji bersama isteri-isteri dewan guru, Rabu sore di ruang seketariat Darunnajah.
7. Mengaji bersama siswa nonasrama dari SMP, MTs, MA dan SMK, Ahad siang selepas Dhuhur di Masjid Jami Darunnajah.
8. Mengaji bersama ibu-ibu Majelis taklim, Senin pagi di ruang sekretariat Darunnajah.
9. Mengaji bersama ibu-ibu pengantar TK, Jumat pagi di ruang sekretariat Darunnajah.
10. Mengaji bersama tokoh dan ulama kampung Cipining, Sabtu pagi dengan tempat berganti-gantian.
Materi yang disampaikan dalam pengajian tersebut tergantung dari kebutuhan dan kondisi peserta pengajian, namun diantaranya meliputi Aqidah, Mu’amalah, Fiqih, dan kajian-kajian Islam yang kontemporer bersumber dari Al-Qur’an, Hadits, Kitab-kitab, maupun buku-buku keislaman populer.