Mendekatan Diri Kepada Allah Dengan Puasa Arafah

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Tidak terasa kini kita sudah memasuki bulan Dzulhijjah, bulan yang mana dimuliakan oleh Allah SWT. Banyak amalan ibadah sunnah yang di anjurkan untuk dilakukan umat muslim di bulan yang mulia ini. Adapun beberapa amalan yang dapat dilaksanakan dibulan ini seperti puasa, ibadah haji, berqurban, dzikir dan shalat.

Salah satu amalan utama di bulan Dzulhijjah adalah puasa arafah. Puasa Arafah adalah puasa sunnah yang dianjurkan bagi umat islam di bulan Dzulhijjah yang bertepatan sehari sebelum Hari Raya Idul Adha yaitu jatuh pada 9 Dzulhijjah.

Puasa Arafah ini tidak boleh di kerjakan bagi orang yang sedang menunaikan ibadah haji dan dianjurkan bagi umat muslim yang yang tidak menuainaikan ibadah haji.

Adapun hadits dari Abu Qotadah, ia berkata bahwasaanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasalam bersabda,

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ
“Puasa Arafah , (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Puasa Asyuro ( 10 muharram) anakan menghapuskan dosa setahun yang lalu” ( HR. Muslim, no. 1162)

Dari hadits diatas kita dapat mengetahui salah satu keutamaan dari puasa ini yaitu dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang, adapun keutamaan-keutamaan yang lain dalam puasa arafah yang dikutip dari Tafsir Learn Qur’an adalah sebagai berikut:

  1. Puasa arafah menjadi amalan yang dicintai Allah
  2. Termasuk amalan yang kerjakan Rasulullah SAW
  3. Puasa arafah dapat menebus dosa bagi umat muslim yang mengerjakan puasa ini
  4. Menjauhkan dari Api Neraka
  5. Hari arafah ini merupkan waktu ijabah doa, berdo’a ketika sedang berpuasa arafah sangat dianjurkan karena Rasulullah sallallahu alaihi wasalam bersabda: “Sebaik-baik do’a adalah pada hari Arafah” (HR.Tirmidzi)

Adapun amalan-amalan yang dapat dikerjakan selain berpuasa di hari arafah adalah sebagi berikut:

  1. Memperbanyak do’a, lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan berdo’a dan bermunajat pada Allah SWT. Adapun haditsnya sebagai berikut:
    “Sebaik-baik doa adalah pada hari arafah” (HR Tirmidzi, no 3585)
  2. Memohon ampunan kepada Allah SWT, dari Aisyah ia berkata “Diantara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah Hari Arafah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para malaikat. Kemudian Allah berfirman: Apa yang diinginkan mereka?” (HR.Muslim no.1348)
  3. Menebar kebaikan dan beramal salih, Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya Allah berbangga kepada para Malaikat-Nya pada sore Arafah dengan orang-orang di Arafah, dan berkata “Lihatlah keadaaan hambaku, mereka mendatangiku dalam keadaan kusut dan berdebu” (HR. Ahmad 2: 224)

Bertepatan pada hari Kamis, 9 Dzulhijjah 1441H/30 Juli 2020 Pondok Pesantren Darunnajah melaksanakan puasa arafah bersama, sebagaimana yang telah di anjurkan agama islam kepada umat muslim dalam melaksanakan puasa arafah bagi yang tidak melaksanakan ibadah haji, dan Pondok Pesantren Darunnajah akan melaksanakan shalat Idul Adha pada hari Jum`at, 10 Dzulhijjah 1441 H/ 31 Juli 2020 dan akan dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang telah di tetapkan.

Dengan demikian mari kita mendekatkan diri kepada Allah dengan mengerjakan amalan-amalan sunnah di bulan Dzulhijjah salah satunya dengan berpuasa di hari Arafah.

(dn.com/nafisah)

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait