Dari sini, banyak pengetahuan dan pengalaman yang kita dapatkan Mendaki gunung, lewati lembah, menyeberangi sungai bukanlah tantangan yang mudah, tapi bukan berarti menyerah begitu saja. Justru itu menjadi tantangan menarik yang harus bisa ditaklukkan. Kegiatan lintas alam itu sendiri diantaranya memecahkan sandi dan isyarat, tanda jejak, menaksir, membuat peta pita, halang rintang, dll. Kegiatan di alam terbuka bisa mengembangkan kecintaan kita terhadap alam. Masih ingat Dasa Darma kedua?

Kegiatan Jelajah banyak pelajaran yang dipetik santri ketika berjalan mengitari alam pegunungan yang berbukit, setiap tempat atau pos yang telah di tentukan kami berhenti untuk sekedar istirahat dan memberikan soal berbentuk permainan yang mengandung nilai pelajaran bagi santri.

Jelajah dalam kegiatan pramuka merupakan nilai atau tolak ukur kegiatan akhir dari kepramukaan, sejauh mana anggota pramuka mampu menerapkan materi dan latihan yang diberikan saat pembinaan, sehingga ketika mereka berada di alam terbuka kebersamaan, solidaritas dan peka terhadap lingkungan mampu membentuk karakter anggota pramuka.

Nilai-nilai kepramukaan harus ditanamkan sejak anggota pramuka Siaga sehingga kedapan mereka bisa tumbuh sebagai generasi yang bisa menerapkan nilai-nilai kepramukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.