Sebagai lembaga kaderisasi pemimpin ummat, Organisasi Santri Annur Darunnajah 8 (OSANDN) adalah sebuah ‘kawah candradimuka’ yang sangat strategis. Wadah bagi penggodokan calon pemimpin ummat yang dikhususkan bagi mereka yang duduk di level santri senior didalam sistem pendidikan pondok modern. Inilah saat mereka diminta untuk memimpin dan mengelola kehidupan.

Tentunya, pembekalan dan pembinaaan mutlak dipersiapkan bagi para calon pemimpin ini. Terutama terkait dengan konsep dan teori kepemimpinan dan pengelolaan organisasi.

Untuk itulah LDK (latihan Dasar Kepemimpinan) dan Orientasi OSANDN dilaksanakan. Pembekalan ini ditujukan untuk santri senior yang baru saja dilantik menjadi pengurus dalam OSANDN yang terdiri dari kelas 4 dan kelas 5 TMI di Pesantren Annur. Mereka berjumlah sekitar 25-an santri.

Dibuka oleh Bapak Pimpinan Ustadz Hadiyanto, rangkaian workshop dan pembekalan dilaksanakan selama 5 hari sejak tanggal 17-21 Maret,  mengambil waktu sore-malam hari tanpa mengganggu aktifitas belajar santri.

Berbagai macam materi terkait kepemimpinan Islami, manajemen organisasi, proses organisasi (P.O.A.C.E), struktur organisasi, bahkan sampai pada materi-materi yang menyentuh langsung implementasi pada keseharian mereka, seperti Gesture (body language), problem solving, reward & punishment dan masalah administrasi, terutama keuangan dan surat-menyurat.

Seluruh materi tersebut dibawakan oleh para Asatidz dan pengasuh pondok pesantren Annur Cidokom.

Enhanced by Zemanta