Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi Pengurus OSANDN dan Koordinator Pramuka Baru
Menu

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi Pengurus OSANDN dan Koordinator Pramuka Baru

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Cidokom Pos – Satu minggu setelah pelantikan dan pengukuhan Pengurus Organisasi Santri dan Koordinator Pramuka adakan kegiatan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan). Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, dimulai dari tanggal 14-17 Januari 2020. Kegiatan ini sendiri dibagi menjadi beberapa sesi, yang nantinya disetiap sesi akan diisi oleh para pembicara yang sudah ahli dalam bidangnya.

Pada sesi pertama berlangsung pada hari selasa, (14/01) di Minihall El-Hamra, dalam sesi tersebut yang menjadi pembicara adalah Pimpinan Pesantren K. H. Hadiyanto Arief S. H., M. Bs. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan secara umum tentang Kepemimimpinan yang harus dimiliki oleh setiap manusia dimuka bumi ini. Hal tersebut merujuk pada dua fungi penciptaan manusia dimuka bumi, yaitu menjadi hamba Allah (Abdullah) dan juga pemimpin (Khalifah) dibumi ini. Sekaligus menjadi pembukaan kegiatan Latihan Dasar Kepemiminan.

LDK sesi kedua diadakan pada hari rabu, (15/01), pada sesi ini terdapat 2 materi. Pertama adalah LDK tentang Kesekretariatan yang disampaikan oleh Ust. M. Ibnu Muzakkir S. Pd. Bertempat di MInihall. Pada materi ini pengurus diajarkan dan diberi pemahaman tentang cara mengetik dan membuat surat dengan benar, serta pengulasan lebih dalam akan pentingnya peran sekretaris dalam suatu organisasi. LDK kedua dilanjutkan pada malam hari dengan tema pembahasan Kerapihan Data dan Dokumentasi, yang disampaikan oleh Ust. Taufik Arief Gunawan S. H.

LDK selanjutnya yaitu sesi ketiga diadakan pada hari kamis, (16/01) di Masjid. Sama seperti halnya sesi kedua yang berlangsung dengan 2 Materi. Materi pertama yaitu tentang Menejemen Keuangan yang disampaikan Usth. Yulia. Pada materi tersebut beliau memaparkan permasalahan-permasalahan yang sering terjadi dalam suatu organisasi, terutama keuangan dan bagaimana cara-cara penyelesainnya. Kemudian materi lanjutan yaitu tentang Pembuatan Program Kerja dan Implementasinya. Banyak sekali organisasi yang mati ditengah jalan dengan berbagai macam kepadatan program kerjanya, menjadi sebuah pelajaran yang dapat disimpulkan. Salah satunya adalah melihat kemampuan dan kadar organisasi dalam menjaga dan menjalankan program tersebut.

Dan terakhir adalah sesi keempat yaitu penutupan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan yang disampaikan oleh Ketua Pengasuhan Santri yang ketika itu menggantikan Pimpinan yang berhalangan hadir. Tetapi tidak mengurangi kesakralan kegiatan.

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Maklumat Pimpinan Terkait Peraturan Terbaru Kedatangan Santri

Maklumat Pimpinan Pesantren Annur Darunnajah 8 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 dan Kedatangan SantriMaklumat Pimpinan Pesantren An-Nahl Darunnajah 5 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 Dan