Jum’at malam, 29 November 2019 menjadi momentum yang istimewa bagi Keluarga Besar Darunnajah Cipining. Usai Sholat Isya’ seluruh santriwan/ti kelas 1 – 6 TMI, juga para asaatidz dan ustadzaat telah hadir di Masjid Jami’ Kampus 1 guna memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Disana telah disiapkan satir pembatas barisan putra dan putri, juga sebuah panggung sederhana di halaman masjid utk tempat duduk sekaligus perform Tim Hadroh.

Pukul 20.00 WIB acara dimulai oleh pembawa acara, Lalu Muhammad Hayyi santri kelas 5 TMI. Kemudian acara Pembacaan Ayat Suci Al Qur an oleh Faiq Aufa santri kelas 2 TMI. Setelah itu acara sambutan, disampaikan oleh Kepala Biro Pengasuhan Santri, Ust. Muhlisin Muhtarom, S.H.I. Beliau sangat mengapresiasi Bagian Pengajaran dan Ibadah selaku panitia atas usaha maksimal yang telah dikerahkan guna kesuksesan acara ini.
“Mari kita belajar lebih cinta lagi kepada Rasulullah SAW.” tambah ustadz yang baru saja menyelesaikan kuliah S2 tersebut.
Tak luput, sebagaimana biasa, beliau memimpin para santri untuk melantunkan Sholawat Syifa dan juga Sholawat Badar dengan irama Tembang Lir – Ilir yang pernah dipopulerkan oleh Grup Musik Kiai Kanjeng asuhan Budayawan Cak Nun pada era 90an.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan Lantunan Sholawat Nabi oleh Tim Hadroh santri Darunnajah yang beranggotakan 17 orang santri, yaitu Musthofa Akhyar. Tim Hadroh ini sangat membangun suasana syahdu dengan lantunan beberapa judul sholawat seperti : Ya Robbi Sholli, Ya Arhamar Rohimin, Ya Nabi Salam ‘Alaika, Thola’al Badru, Marhaban Ya Nurol ‘Aini, Shollallahu ‘Ala Muhammad dan Hayyul Hadi.

Selanjutnya adalah acara inti, yaitu Tausyiah Maulid Nabi oleh Ust. Deni Rusman.
“Sejarah Nabi Muhammad SAW tak ubahnya mata air yang tak pernah kering.” Ujar beliau mengawali penyampaian materi.
Selain menyampaikan sejarah kelahiran Rosul, beliau juga menyampaikan sekilas sejarah buyut (Hasyim), kakek (Syaibah/Abdul Mutholib), juga ayah beliau (Abdullah).

Usai tausyiah, acara dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan kepada narasumber oleh Pembimbing Bagian Ibadah dan Pengajaran, Ust. Hakim Tirmidzi.

Kemudian dilanjutkan do’a dipimpin oleh Kepala Asrama Kampus Putri, Ust. Asnawi Sihabuddin, S.Pd.I. Setelah memimpin do’a, beliau sempatkan memimpin para santri membaca sholawat Ya Nabi Salam ‘Alaika dan Shollallahu ‘Ala Muhammad.

“Semoga dengan sering-sering bersholawat, kita berkesempatan ziarah ke makam Rosul, dan tentunya pada Padang Mahsyar kelak kita yang hadir memperingati maulid nabi ini mendapat syafaatul ‘uzhma beliau. Amiin.” Tambah beliau.

Pukul 22.50 WIB acara selesai, dan ditutup dengan Sholawat Ad Dinu Lana oleh Tim Hadroh Musthofa Akhyar. Malam ini gemuruh merdu lantunan sholawat menggema di langit Darunnajah. (WARDAN/IG)