Search
Close this search box.
blank

Kunjungan Peserta Dauroh Bahasa Arab di Universitas Islam Madinah ke Masjid Khandaq

Kunjungan Peserta Dauroh Bahasa Arab di Universitas Islam Madinah ke Masjid Khandaq

blank

Selasa, 26 Jumada al-Ula 1444 H/20 Desember 2022 M, setelah mengikuti dua sesi kelas di Universitas Islam Madinah, para Peserta Dauroh Bahasa Arab di Universitas Islam Madinah, kerjasama Universitas Darunnajah Jakarta, Indonesia dengan Universitas Islam Madinah, Arab Saudi, berkesempatan mengunjungi salah satu tempat bersejarah di kota al-Madinah al-Munawwarah yaitu Masjid Khandaq.

Masjid Khandaq memiliki nama lain Sab’u Masajid atau al-Masajid as-Sab’ah dinamakan ini karena terdapat tujuh Masjid kecil yang dibangun di tempat terjadinya Pertempuran Khandaq. Sebenarnya jumlah masjid ini hanya ada enam, namun masjid ini lebih dikenal dengan nama al-Masajid as-Sab’ah atau 7 Masjid.

Masjid Khandaq terletak di bagian barat dari Gunung Sala’ di bagian Khandaq atau parit yang dibangun kaum muslimin di zaman Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk mempertahankan kota Madinah dari serangan musyrikin Quraisy dan kabilah-kabilah yang bersekutu dengannya pada tahun ke-5 Hijriah.

Diriwayatkan bahwa mereka ditempatkan pada tempat-tempat dalam pertempuran itu, setiap masjid diberi nama menurut orang yang ditempatkan di dalamnya, kecuali masjid al-Fath yang dibangun di atas tempat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memimpin pertempuran, salat dan berdoa di hari Senin, Selasa dan Rabu selama Pertempuran Khandaq.

Allah Subhaanahu wa Ta’ala mengijabah do’a Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pada hari Rabu antara zuhur dan ashar.

Jumlah masjidnya ada enam:
1. Masjid al-Fath atau Masjid al-Ahzab merupakan Masjid yang terbesar di antara masjid-masjid ini, dibangun oleh Khalifah Umar bin Abdul Aziz.

2. Masjid Salman al-Farisi terletak 20 meter dari Masjid al-Fath dengan panjang 10 meter dan lebar 8 meter, dengan anak tangga kecil, masjid ini dinamakan dengan nama sahabat yang memberikan ide pembangunan parit untuk menjaga kota Madinah dari serangan musuh.

3. Masjid Abu Bakar ash-Shiddiq terletak 15 meter Barat Daya Masjid Salman al-Farisi

4. Masjid Umar bin al-Khattab terletak 10 meter selatan Masjid Abu Bakar ash-Shiddiq

5. Masjid Ali bin Abi Thalib terletak timur Masjid Fatimah az-Zahra di atas gundukan tinggi berbentuk persegi panjang dengan panjang 8,5 m dan lebar 6,5 m dengan anak tangga kecil

6. Masjid Fatimah az-Zahra, disebut juga Masjid Sa’ad bin Muadz, merupakan masjid yang paling kecil dengan ukuran 3 m x 4 m dengan anak tangga kecil

Adapun masjid ketujuhnya ada yang berpendapat bahwa itu adalah Masjid Qiblatain, dan ada yang berpendapat Masjid Bani Haram/Jabir bin Abdullah bin Haram yaitu mukjizat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan makanan kepada ribuan sahabat yang ikut serta dalam Pertempuran Khandaq dari seekor kambing.

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah