Kunci Hidup Bahagia Muslim Ketika Susah Ataupun Senang
Menu

Kunci Hidup Bahagia Muslim Ketika Susah Ataupun Senang

Kunci Hidup Bahagia

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Kunci Hidup Bahagia Muslim ~ Ketika Susah Ataupun Senang disampaikan oleh Ustadz Dr Khalid Basalamah MA

Kunci Hidup Bahagia
Kunci Hidup Bahagia

kunci hidup bahagia itu jika kita sudah merasa memiliki Allah kita akan merasa bahagia dalam keadaan senang maupun sedih. Dulu Nabi Muhammad SAW berdakwah selama 13 tahun di mekkah, 10 tahun pertama tidak ada perintah ibadah dari Allah sama sekali, seperti shalat, puasa, dan kebaikan lainnya, dan saat Abu bakar memberikan hartanya untuk orang yang membutuhkan, Allah sangat memujinya padahal pada saat itu tidak ada perintah dari Allah. karna isra mi’raj terjadi di sebelas masa kenabian.

Apa yang dilakukan pada saat itu?, pada Sebuah hadits shohih yang Rasulullah sampaikan pada masyarakat mekkah “ikrarkan dengan fikiran kalian, ucapkan dengan lisan dan yakini dengan hati kalimat (لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ tiada tuhan selain Allah) pasti kalian akan beruntung dan bahagia.

Dalam sebuah hadits yang shohih juga seorang sahabat bertanya kepada rasulullah, “apa itu bahagia?, dan bagaimana hidup bahagia?”. Rasulullah menjawab “ikrarkan dengan fikiran kalian, ucapkan dengan lisan dan yakini dengan hati kalimat  لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ (tiada tuhan selain Allah) tuhanku ada bernama Allah, dan istiqomahlah, apa yang halal nikmati, dan apa yang haram tinggalkan”.

Apa itu لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ laa ilaha illaa Allah?, dan kenapa dalam akhir hidup manusia menyebut kalimat لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ pasti akan masuk surga?, Karna itu sebagai kesaksian Allah sebagai tuhan yang menciptakan. Sebuah jawaban simpul atas semua pertanyaan yang kita tanyakan didunia ini.

Iman itu 70 sekian tingkatan, tingkatan tertinggi iyalah لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ, dan tingkatan iman terendah itu memindahkan duri yang membahayakan bagi manusia.

Tahun 98 Ustadz Dr Khalid Basalamah MA mulai terjun berdakwah diindonesia, dalam renungannya selama ini, apapun yang dilihat dan tidak terlihat, dari sebuah karakter dan lain sebagainya semua artinya kembali kepada Allah.

Pandangkan mata kelangit liat bintang-bintang, bulan, matahari, lihatlah warna, tumbuh-tumbuhan, hewan-hewan, rasakan udara, hujan, panas dan lain-lain, dan tanyakan dari mana semua itu? arahkan kepada kalimat لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ  nah itu, hanya Allah jawabannya. Selesai ~

Subhanallah begitu indah kata-kata beliau dalam menyampaikan betapa berharga dan sangat luar biasanya kalimat لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ, semoga kita dapat mengamalkannya dengan baik. Aamiin…

(Wardan/Shohwa)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait