blank

Kiai Atijan dalam Samenan: “Anak Sholeh Merupakan Aset Kebaikan!”

Kiai Atijan dalam Samenan: “Anak Sholeh Merupakan Aset Kebaikan!”

blank

Salah satu satuan lembaga pendidik-an di Pesantren Darunnajah 2 Cipining dengan fokus dan objek pengajarannya para anak-anak dan remaja warga sekitar pesantren adalah Madradah Diniyah Darunnajah. Beberapa terobosan kegiatan dilakukan agar minat belajar agama para generasi harapan masa depan tersebut menggemberikan.

Salah-satunya adalah dengan penyelenggaraan Samenan. Agenda Samenan atau Kenaikan Kelas Madrasah Diniyah Takmiliyah ini telah sukses diselenggarakan pada Ahad, 2 Juli 2023, dari pukul 07.00 – 11.00 wib, bertempat di ruang Majlis Nurul Iman Kp. Cipining RT 02/RW 05 Desa Argapura Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor.

blank

Dalam pantauan WARDAN, tampak anak-anak MD (Madrasah Diniyah-red) luar biasa antusiasnya dalam penampilan di samenan ini, diantara kreatifitas dan ketrampilan yang mereka suguhkan yaitu : Hafalan surat Pendek (HSP), Hafalan Doa Harian (HDH), dan Tari-tarian anak Islami.

Para wali murid tampak bahagia, terlihat dengan suka cita mereka ‘nyawer’ atau menaburkan cukup banyak uang logam dan kertas ribuan di tengah-tengah berlangsungya penampilan.

blank

Seru meriah! Tidak hanya murid dan wali murid, hadir juga pada Samenan kali ini beberapa tokoh masyarakat Cipining, antara lain: Bapak Kyai Sihabudin, Bapak RW. Ujang, Bapak RT. Sobana dan Ibu Aswi (Ketua Majlis Nurul Iman).

Pimpinan Pesantren Darunnajah 2 Cipining, KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc., yang senantiasa antusias rutin hadir dalam Samenan-Samenan sebelumnya, karena sedang dalam masa penyembuhan maka diwakili oleh Pengawas Pesantren, Ustadz Atijan Yani, S.Pd.I. (alumni TMI Darunnajah 2 Cipining angkatan 3 tahun lulus 1996).

blank

Turut hadir juga Ustadz Muhlisin Ibn Muhtarom S.H.I., M.Pd. (staf Penjaminan Mutu Pendidikan dan Pimpinan Redaksi WARDAN) dan Ustadz Indra Syahputra.

Jumlah Murid MD sekarang ada 39 anak. Adapun pengajar atau guru ada 20 orang yang notabene mayoritas mereka adalah para santriwati non mukim kelas 5 dan 6 TMI yang berdomisili di kampung Cipining. Walhasil, sekaligus mereka melaksanakan program ‘magang’ mengajar.

blank

Alhamdulillah setelah Samenan jum-lah pendaftar semakin meningkat karena MD Darunnajah menjadi pilihan anak-anak untuk menambah ilmu agama yang mereka dapatkan hanya sedikit di sekolah pagi.

Samenan dan aneka program MD membuat anak-anak gembira sambil belajar agama adalah menjadi modal pengelola untuk selalu menjaga eksistensi MD di masyarakat sekitar.

Berikut pesan Kyai Sihabudin: “Kepa-da Wali santri MD jangan bosan-bosan agar selalu memberi motivasi kepada anaknya untuk giat belajar di MD, walaupun memang tantangan dan gangguan semakin banyak dengan maraknya HP menjadi salah satu faktor anak-anak malas belajar di MD!”. Adalah Ustadz Budi Setiawan, S.Pd.I (alumni TMI Darunnajah 2 Cipining angkatan 2 tahun 1995).

blank

Selaku Kepala MD Darunnajah memotivasi dan memberikan inspirasi Bahwa anak-anak kampung Cipining sebenarnya berkualitas bila orang tuanya mendukung pasti akan menjadi orang-orang hebat.

Ustadz Budi kemudian menyebut beberapa contoh, antara lain: Ustadz Deni Rusman, S.Pd. dipercaya sebagai Direktur Departmen Publikasi Digital karena ahli bidang IT), Ustadz Insan Jamil, Lc., telah lulus Al Azhar dan menjadi pegawai di KBRI Mesir, dan belum Lama ini Ustadz Anjaludin sudah menyelesaikan studi S2.

blank

Juga, Ustadz H. Opang Maulana Lc, yang sudah lulus dari Universitas Islam Madinah. Sungguh fakta luar biasa dan patut dicontoh bagi anak-anak dan remaja Cipining khususnya.

Dalam sambutannya, Ustadz Atijan dengan semangat berpesan: “…harus ingat pesan Nabi Muhammad SAW bahwa anak yang soleh merupakan aset yang akan memberikan doanya kalau kita sudah tiada nanti!”. (MiM).

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah