Menu

Khutbah Jum’at di Darunnajah oleh Syaikh Hasan Abdul Hamid Al-Bukhori

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Shalat Jum’at di Masjid Jami’ Pondok Pesantren Darunnajah kemarin (17/1) terasa istimewa dengan kehadiran Syech Dr. Hasan Abdul Hamid Al – Bukhori, Dekan Fakultas Bahasa Arab Universitas Ummul Quro, Saudi Arabia. Beliau berkenan menyampaikan khutbah Jum’at dan juga menjadi imam dalam shalat Jum’at yang dihadiri seluruh santri dan guru Pondok Pesantren Darunnajah.

Berikut adalah intisari khutbah beliau di Masjid Jami’ Pondok Pesantren Darunnajah

KHUTBAH PERTAMA:

-Tujuan diciptakannya manusia di dunia adalah untuk beribadah. Allah SWT berfirman :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ (الذاريات :  56

– Sahabat Muadz RA pernah ditanya tentang hak Allah atas manusia. Dia mengatakan bahwa Allah dan Rasulnya lebih tahu. Kemudian Nabi SAW menjelaskan bahwa hak Allah atas manusia adalah disembah dan tidak diduakan (syirik). Kemudian hak manusia jika sudah melakukan keduanya adalah terhindar dari siksa neraka.

– Manusia agar melakukan ibadah-ibadah wajib seperti sholat, puasa, zakat, dan haji. Manusia juga diperintahkan untuk melakukan ibadah-ibadah sunnah seperti shodaqoh, birrul walidain, sholat-sholat sunnah, dan lainnya.

– Dari ibadah-ibadah tersebut, ada hal yang sangat penting, yaitu ibadah hati. Dalam hadits disebutkan bahwa:

أَلاَ وَإِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً، إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ، أَلاَ وَهِيَ الْقَلْبُ

“Ketahuilah, sesungguhnya di dalam tubuh terdapat segumpal daging. Apabila segumpal daging tersebut baik, (maka) baiklah seluruh tubuhnya. Dan apabila segumpal daging tersebut buruk, (maka) buruklah seluruh tubuhnya. Ketahuilah, segumpal daging itu adalah hati”. (HR al Bukhari dan Muslim).

– Hati adalah pemimpin atau pemerintah, dan anggota tubuh lainnya adalah pasukan. Jika pemimpin melakukan hal yang baik dan menyuruh para pasukan melakukan hal yang baik, maka pasukan akan melakukan hal yang baik. Hati adalah pemimpin dalam beribadah kepada Allah.

– Macam-macam ubudiyah hati sangatlah banyak. Di antaranya adalah keyakinan terhadap Allah SWT atau iman dengan mengucapkan kalimat syahadat. Kemudian hati yang selalu bergantung kepada Allah dan selalu berdzikir kepada-Nya.

– Jika hati sudah ada Allah di dalamnya maka semua amal yang dikerjakan oleh orang tersebut akan berdasarkan cinta dan ibadah kepada Allah SWT.

– Ibadah hati adalah ibadah yang menentukan semua ibadah yang kita lakukan.

 

KHUTBAH KEDUA:

– Jagalah hati kita dengan baik. مداومة القلب

– Salah satu cara untuk menjaga hati kita adalah selalu ber-husnudzan kepada Allah SWT.

– Jangan pernah ada didalam hati sifat suudzan, iri, dengki, dan sifat yang tidak baik lainnya.

– Hari Jum’at adalah hari yang mulia. Selalu berisaha membersihkan hati, terutama di hari Jum’at.

– Perbanyaklah sholawat pada hari Jum’at . Rasulullah SAW bersabda :

من صلى علي واحدة صلى الله عليه عشرا

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Serunya Diskusi Bidayatul Mujtahid Bersama Syaikh Dr. Shawki

Untuk meningkatkan kualitas mahasiswanya, Sekolah TInggi Agama Islam (STAI) Darunnajah mengadakan diskusi mingguan “Kajian Bidayatul Mujtahid”. Kegiatan yang berlangsung setiap hari Selasa ini menghadirkan pembicara