Tidak terasa kita sudah memasuki pertengahan bulan pada bulan hijriah. Hari dimana bulan bersinar dengan terangnya. Bagi sebagian orang, mungkin fenomena ini dianggap sebagai fenomena alam biasa dan hari – harinya pun dilalui dengan biasa saja. Tapi lain halnya dengan kaum muslim, hari tersebut merupakan hari yang istimewa dimana ia telah diberikan kesempatan untuk bertemu dengan suatu amal ibadah yang mendapat tempat istimewa, yaitu Puasa Ayyamul Bidh.

Puasa ayyamul bidh merupakan salah satu dari beberapa puasa yang dicontohkan oleh nabi kita Nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi wasallam. Puasa sunnah ini dilakukan pada setiap pertengahan bulan hijriyah yaitu pada tanggal 13, 14 dan 15.

Ayamul bidh terdiri dari dua kata. Arti ayyamul adalah jamak dari al-yaum yang berarti hari, sedangkan bidh artinya putih. Ayyamul bidh berarti hari-hari putih, dimana pada tanggal tersebut yaitu 13, 14 dan 15  sedang terjadi bulan purnama yang sinarnya berwarna putih.
Bagi sebagian umat muslim yang ingin mengucapkan niat, berikut ini adalah niat ketika hendak melaksanakan Puasa ayyamul bidh :
نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

“Saya berniat puasa pada hari-hari putih, sunnah karena Allah taala”
Diantara keutamaan puasa ayyamul Bidh
adalah:

• Menghidupkan Sunnah Nabi
Ketika seseorang melakukan puasa ayyamul bidh, maka secara tidak langsung ia telah mengikuti apa yang rasulullah ajarkan. Dan ketika sudah mengikuti Rasul, maka bisa berharap akan mendapatkan syafaatnya di hari akhir kelak.
• Seperti Puasa Sepanjang Tahun

Menjalankan ibadah puasa ayyamul bidh selama tiga hari akan mendapatkan ganjaran pahala yang sama dengan puasa selama sebulan. Jika dilakukan setiap bulan maka dianggap sama dengan menjalankan ibadah puasa selama setahun. sebgaimana sabda nabi muhammad shallallahu alaihi wasallam :

صَوْمُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ صَوْمُ الدَّهْرِ كُلِّهِ
“Puasa pada tiga hari setiap bulan nya adalah seperti puasa sepanjang tahun”

Semoga kita yang dapat melaksanakan puasa ayyamul bidh ini, bisa mendapat keberkahan dan kemuliaan dari Nya, Amin.